Obwis Srikeminut Bangkitkan Tradisi Wiwitan

IMOGIRI, KRJOGJA.com – Peradapan manusia terus berkembang menyesuaikan zaman. Kondisi tersebut tidak dipungkiri sanggup menyisihkan sebuah tradisi ditengah masyarakat salah satunya wiwitan. Dalam dua dekade terakhir ritual menjelang panen padi inipun mulai jarang dilakukan oleh masyarakat. Namun tidak bagi warga Kalurahan Sriharjo Kapanewon Imogiri Kabupaten Bantul. Bahkan Sabtu akhir pekan lalu warga Wunut Kalurahan Sriharjo menggelar tradisi wiwitan di Objek Wisata (Obwis) alam Srikeminut.

Lurah Sriharjo Kapanewon Imogiri, Titik Istiwayatun Khasanah, SPd, Minggu (14/3) menjelaskan, prosesi wiwitan dilaksanakan, Sabtu Pon 13 Maret 2021. Tradisi tersebut digelar disebuah hamparan lahan padi di bulak Kedungmiri Wunut tepatnya milik Arif, salah seorang warga. Selain warga, wisatawan juga mengikuti prosesi wiwitan.

Dijelaskan, wiwitan merupakan tradisi yang digelar oleh masyarakat Jawa menjelang panen raya padi. Kebiasaan tersebut sudah ada sejak sebelum agama-agama masuk ke tanah Jawa. Esensi dari ritual itu sebagai wujud terima kasih dan syukur kepada bumi. Bahwa bumi sebagai sedulur sikep, dan Dewi Sri ( Dewi Padi-red) yang diyakini menumbuhkan padi sebelum panen.

BERITA REKOMENDASI