Olah TKP Bus Tabrak Tebing, 3 Saksi Diperiksa

Sementara terkait bus tersebut layak atau tidak, hal tersebut ahli yang menyampaikan. Artinya bus tersebut layak atau tidak ahli yang akan menyampaikan. “Ahli akan memberikan assessment kepada kita, kita minta untuk memeriksa apakah bus itu dalam kondisi baik, dari sistem pengeremannya, sistem kemudinya dan seluruh sistem yang mendukung bus tersebut Dari situ kita bisa menentukan layak atau tidak,” ujarnya.

Iwan mengungkapkan, apapun yang membuat terang perkara tersebut akan dilakukan sehingga akan diketahui dengan jelas penyebab peristiwa tersebut. Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK mengungkapkan, personelnya estafet diback up TAA Polda DIY, Korlantas Mabes Polri melakukan olah TKP. Sejauh ini penyidik sudah memeriksa 3 orang saksi dalam peristiwa itu, termasuk kernet bus. Menurutnya keterangan saksi tentu akan diperkuat hasil Tim akan diperkuat dengan analisis Traffic Accident Analysis (TAA) Polda DIY.

Penyidik juga sudah memanggil pihak Marcedez Benz sebagai pemilik produk. Perwakilan perusahaan tersebut sudah dibawa ke lokasi kejadian untuk mengecek kondisi dilapangan. Hal tersebut untuk mengetahui apakah ada pengereman atau komponen lain berfungsi dengan baik.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya mengumpulkan data dilapangan. Setelah itu KNKT akan mengolah data tersebut sebelum mengeluarkan kesimpulan. Menurutnya jalan memang cukup curam, sehingga ketika ada penumpang terlempar keluar, jika tidak luka berat tentu meninggal dunia.

“Jadi kita juga akan melihat seperti apa kondisinya, kenapa penumpangnya sampai terlempar keluar. Itu analisa yang akan dilakukan,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI