Operasi Jelang Tahun Baru, Razia Sasar Miras

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Polres Sukoharjo gelar razia dengan sasaran minuman keras (miras), senjata tajam (sajam) dan petasan. Kegiatan digelar sebagai bagian persiapan perayaan pergantian tahun. Petugas menyisir disemua wilayah khususnya di perbatasan.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Senin (30/12/2019) mengatakan, Polres Sukoharjo dalam menyambut perayaan pergantian tahun menggelar razia dengan tiga jenis sasaran yakni miras, sajam dan petasan. Ketiga barang tersebut disasar karena sering disalahgunakan dan rawan menimbulkan masalah.

Petugas diturunkan ke lapangan secara serentak disemua wilayah utamanya di perbatasan. Razia menyisir dan menggeledah warga dan kendaraan yang melintas. Barang yang ditemukan dicek satu per satu untuk memastikan ada tidaknya miras, sajam dan petasan.

Hasil operasi petugas menemukan sebanyak 614 botol miras dan beberapa buah sajam dan petasan. Barang tersebut disita petugas untuk diamankan agar tidak disalahgunakan. “Tempat razia dilakukan di wilayah perbatasan dengan sasaran miras, sajam dan petasan,” ujarnya.

Wilayah perbatasan yang menjadi sasaran razia seperti di Jembatan Mojo, Kecamatan Mojolaban. Tempat tersebut menjadi perbatasan pintu keluar masuk antar daerah Kabupaten Sukoharjo dan Kota Solo.

Selain itu juga di Tanjunganom menjadi perbatasan antara Kecamatan Grogol, Sukoharjo dengan Kota Solo. Tidak ketinggalan lokasi razia juga dilakukan petugas di wilayah Kecamatan Kartasura yang jadi titik pertemuan arus lalu lintas kendaraan dari berbagai daerah meliputi Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

“Dalam razia itu yang disasar kendaraan yang melintas. Petugas melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat kendaraan seperti SIM dan STNK. Selain itu juga barang bawaan dicek,” lanjutnya.

Razia digelar sebagai bagian dari persiapan Polres Sukoharjo menyambut perayaan pergantian tahun. Kapolres berharap dengan kegiatan semacam ini maka saat tahun baru digelar kondusifitas Sukoharjo tetap bisa terjaga.

Sementara itu, pengamanan penuh akan dilakukan Polres Sukoharjo dengan penjagaan ketat disejumlah titik pusat keramaian saat perayaan tahun baru. Lokasi tersebut seperti di kawasan Solo Baru, Kecamatan Grogol dan Alun Alun Satya Negara, Sukoharjo Kota. Petugas akan disebar disana mengamankan berbagai acara yang akan digelar.

Pengamanan juga dilakukan Polres Sukoharjo dengan menurunkan pasukan patroli lapangan. Petugas menyisir wilayah rawan dan melakukan penjagaan sejumlah tempat seperti kantor pemerintahan, pusat perbelanjaan, bank, perumahan warga dan lainnya untuk menghindari tindak kejahatan. Sebab disaat perayaan tahun baru tempat tersebut kosong ditinggal penghuni atau pegawai. (Mam)

BERITA REKOMENDASI