Operasi Lilin Progo 2021 di Bantul Fokus Pencegahan Penularan Covid-19

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Gelar pasukan Operasi Lilin Progo 2021 di Bantul untuk pengamanan liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Nataru , Kamis (23/12) dilaksanakan di halaman Mapolres Bantul, dengan inspektur upacara Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, diikuti jajaran dari TNI- Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, PMI, Orari, BPBD, Basarnas maupun relawan. Gelar pasukan ditandai dengan penyematan pita oleh Bupati Bantul.
Menurut H Abdul Halim Muslih, sesuai amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo MSi, pada pelaksanaan Nataru tahun ini semua perlu lebih hati-hati, khususnya dalam mengantisipasi penyebaran varian Covid-19 jenis  B.1.1.529 atau Omicron yang telah mengakibatkan lonjakan kasus di beberapa negara. Varian Omicron yang memiliki kecepatan penyebaran 5 kali lebih cepat dari varian Delta ini telah ditemukan di 103 negara dengan total 105.272 kasus, termasuk di Indonesia saat ini ada 5 orang telah teridentifikasi tertular varian Omicron.
Untuk itu, momentum pertumbuhan ekonomi ini harus dipertahankan dengan mencegah penyebaran Covid-19. Strategi penguatan pengendalian harus dilaksanakan dengan baik oleh seluruh pemangku kepentingan terkait untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 menjelang dan sesudah Nataru dengan kepatuhan terhadap upaya pencegahan secara bersama-sama, pemerintah dan masyarakat.
Dikemukakan oleh Bupati Bantul,  di Bantul sendiri selama liburan Nataru semua objek wisata akan tetap dibuka, karena moment ini merupakan kebangkitan ekonomi, tetapi upaya pencegahan penularan Covid-19 tetap harus dilakukan, utamanya menghindari adanya kerumunan. “Karena kerumunan merupakan media paling aktif dalam kasus penularan Covid-19,” ungkap Bupati Bantul.
Agar liburan Nataru di semua objek wisata di Bantul bisa aman dari penularan Covid-19 dan nyaman bagi wisatawan, maka selama Operasi Lilin 2021 akan diberlakukan rekayasa ganjil- genap melalui pengarahan petugas.
Sementara Kopolres Bantul AKBP Ihsan SIK menambahkan, selama Operasi Lilin 2021 Polres Bantul akan mengerahkan anggotanya sedikitnya 1.000 personel setiap harinya, yang akan diploting di tempat  ibadah, objek wisata, tempat keramaian dan jalur rawan gangguan keamanan. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI