Optimalkan Potensi Laut Selatan, Keahlian Nelayan Harus Ditingkatkan

BANTUL, KRJOGJA.com – Cuaca kurang bersahabat di pantai selatan Bantul beberapa waktu lalu membuat kehidupan nelayan terseok. Namun kondisi sulit tidak membuat mereka yang menggantungkan hidupnya dilaut menyerah seraya terus berikhtiar. Seolah doanya dikabulkan, sejak akhir pekan lalu nelayan dimudahkan untuk mendapat hasil tangkapan. Sedang DPRD Bantul mendesak pemerintah Bantul hadir bersama masyarakat untuk memaksimalkan Potensi perikanan di laut selatan Bantul.

“Hari ini saya diberikan keberuntungan dapat udang jerbung lima kilogram dan juga ada jenis ikan lainnya,” ungkap Yuli, seorang nelayan Pantai Samas Srigading Sanden Bantul, Senin (4/4/2022). Lelaki santun tersebut mengungkapkan, jika harga udang jerbung bisa mencapai Rp 100 ribu / kilogram.

Munculnya udang jerbung di kawasan pantai selatan Bantul membuat lega puluhan nelayan di kawasan itu. Hasil penjualan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dapur yang meningkat di Bulan Ramadan. Selain mengandalkan tangkapan udang jerbung, nelayan juga berburu ikan bawal. Bahkan untuk kualitas super atau satu ikan berbobot lima ons bisa diatas Rp 200 ribu / kilogram.

Untuk menangkap jenis udang jerbung dan bawal nelayan di Pantai Samas mesti punya jaring kanyut, jaring sirang ataupun jaring ciker. Peralatan tersebut digunakan untuk menangkap ikan ikan bawal dan ikan layur.

BERITA REKOMENDASI