Orangtua Kunci Pembentukan Karakter Anak

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sejumlah faktor penentu keberhasilan atau kesuksesan siswa di masa mendatang. Jika elemen-elemen tersebut bisa ditanamkan kepada siswa sejak dini kedepan akan lahir sebuah generasi penerus bangsa cerdas berakhlak mulia.

Dalam proses  belajar di sekolah, tidak bisa sekadar diserahkan kepada guru. Orangtua harus hadir proses belajar dan pembentukan karakter anak tersebut.

"Memang banyak sekali faktor penentu keberhasilan atau kesuksesan siswa di masamendatang, siswa harus dibekalisikap kejujuran, kedisiplinan,bagaimana komunikasi dengan orang tua, semangat bekerja keras. Orang tua juga harus mempertimbangan perkembangandan potensi anak tersebut," ujar Pengawas Sudiharja SPd disela menghadiri acara pekan kreativitas siswa bertema Gelar Seni Islami (Gelis) SD Muhammadiyah Serut Bantul di Gedung Dakwah Bantul Sabtu (14/12/2019).

Dijelaskan, orang tua tidak boleh memandang remeh atau sampai marah-marah jika nilai anak hasilnya kurang bagus. Karena nilai bukan segala-galanya untuk menentukan seseorang itu pandai atau tidak. Masih banyak instrumen bisa diambil untuk membuat penilaian.

“Seorang anak punya potensi berbeda-beda, oleh karena itu mari kita gali dan kembangkan potensi itu. Diharapkan bisa menjadi sebuah keahlian tersendiri yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan rezeki di kemudian hari,” ujarnya.

Penting  perlu dilakukan orang tua adalah mendampingi belajar anak memberikan dan memotivasi.Termasuk terus menanamkan kepada anak tentang pentingnya sikap kejujuran, kedisiplinan, dan bagaimana komunikasi dengan orang tua dan semangat bekerja keras.

Sementara kepala SD Muhammadiyah Serut Kabupaten Bantul, Nuroh Hidayatun SPd mengatakan, dalam ajang pekan kreativitas siswa ini mengambil tema Gelar Seni Islami (Gelis) SD Muh Serut tahun 2019. Program tersebut diadakan 2 tahun sekali, kali ini  diikuti siswa kelas 1 sampai kelas 6 berjumlah 421 anak. Setiap kelas memantaskan pertunjukan dengan tema Islami.

"Ajang ini merupakan sebagai momentum mengembangkan dan menggali potensi masing-masing siswa sehingga kedepan akan lahir siswa siswa unggul dengan potensi masing-masing," ujar Nuroh. (Roy)

BERITA REKOMENDASI