P3TGAI Aspirasi Idham Samawi Perbaiki Jaringan Irigasi di Bantul

BANTUL, KRJOGJA.com – Pembangunan jaringan irigasi persawahan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air berperan strategis meningkatkan produktivitas sektor pertanian. Tahun 2020 ini sudah dibangun 26 jaringan irigasi persawahan dari 32 program yang direncanakan.

Pembangunan yang dilaksanakan oleh Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) dilaksanakan secara swakelola. Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) tersebut merupakan aspirasi dari anggota DPR RI Drs HM Idham Samawi.

Politisi PDI Perjuangan tersebut berharap dengan P3TGAI dari Kementerian PUPR dapat meningkatkan produktivitas sektor pertanian. Selain itu Idham berpesan pada petani agar tanah sebagai lahan pertanian tidak dijual meskipun berharga mahal. Sebagai orang yang pernah menjabat Bupati 2 periode, Idham Samawi tahu betul apa yang harus dilakukan untuk membangun dan mensejahterakan rakyat Bantul. Salah satunya dengan melakukan perbaikan infrastruktur di sektor pertanian.

Lewat program P3TGAI Kementerian PUPR, pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bantul. “Tidak mungkin Pemda Bantul ingin mensejahterakan rakyat lewat anggaran dari APBD Bantul saja. harus bersinegeri dengan pemerintah DIY dan pemerintah pusat,” ujar Idham disela pengecekan pembangunan jaringan irigasi persawahan di Dusun Babadan Bantul, Kamis (6/8). Dalam kunjungan tersebut juga dihadiri akal Bupati Bantul Drs h Abdul Halim Muslih, Tenaga Ahli DPR RI, Noor Janis Langga Barana, anggota DPRD Joko Purnomo, perwakilan BBWS Pramono, ST. Sp, Kabid SDA Dinas PU Bantul, Yitno ST MT, Lurah Desa Bantul, Supriyadi.

BERITA REKOMENDASI