PA dan Dinkes Sepakat Menekan Angka Perkawinan Dini

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com – Pengadilan Agama ( PA) Bantul melakukan penandatanganan kerjasama layananan pemeriksaan kesehatan anak dalam perkara permohonan dispensasi kawin.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Bantul Drs Abd Hamid Zailani dan Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharjo SKM MKes di Aula PA Bantul Jln Urip Somoharjo no 8 Bejen Bantul Sabtu (23/ 7/2022).

Menurut Kepala PA Bantul , perjanjian kerjasama tersebut merupakan upaya mencegah dan penekan angka pernikahan dini atau dibawah umur bagi calon pengantin yang organ reproduksinya belum kuat.
Bentuk dari produk layanan ini adalah surat keterangan telah melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas sebelum dilakukan pendaftaran di persidangan.
Dijelaskan, kegiatan kerjasama dengan Dinas Kesehatan ini merupakan tindak lanjut Surat Perintah dari Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung agar melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan di wilayahnya masing- masing untuk penerbitan kelengkapan administrasi terkait kesehatan bagi para pihak yang mengajukan dispensasi kawin atau nikah dini.
” Tujuan utama perjanjian kerjasama ini untuk menekan atau mencegah terjadinya perkawinan dini. Juga mendukungan Bantul menuju Kabupaten Layak Anak, ” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI