Pabrik Gula Barongan Ungkap Potret Bantul Masa Lalu

BANTUL, KRJOGJA.com –  Kabupaten Bantul dalam perjalannya  hingga tahun 2019 ini menyimpan sejumlah fakta  menarik yang harus diketahui masyarakat umum.  Meski sejumlah bangunan itu sekarang rata tanah, bahkan bekasnya saja tidak  ada. Tetapi sejarah perkembangan Bantul  penting dan menarik dketahui.  

Semua fakta tersebut terungkap dalam ajang Bantul Ekspo (BE) Tahun 2019. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul yang secara khusus menampilkan fakta  perkembangan Bantul mulai dekade 1917 hingga Agustus 2019 lewat bingkai foto.

"Dengan menampilkan Bantul masa lalu ini paling tidak, generasi muda sekarang bisa mengetahui  bahwa Bantul tidak bisa dipisahkan dalam perkembangan Negara Indonesia,” ujar Staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Hefi Ynusiana Kristiyhani ditemui di arena BE, Kamis (1/8). 

Diajang BE itu, sejumlah sudut wilayah Bantul diera tahun 1917 ditampilkan dalam bentuk foto sejarah. Bahkan pabrik gula di Barongan Desa Sumberagung Kecamatan Jetis Bantul tahun 1920 bisa dilihat bangunannya. Dengan konsep itu, Dinas Perpustakaan Bantul ingin memberikan edukasi terkait sejarah Kabupaten Bantul, khususnya dari aspek perkembangan infrastruktur. "Kami berusaha memunculkan sejarah Bantul melalui sebuah foto.  Dengan konsep ini, ternyata antusias warga sangat tinggi dan minta agar koleksi diperbanyak,” ujarnya.

Stand tersebut juga menampilkan sejumlah banguan kuno, Dalam pemeran itu, banyak foto menarik Bantul dimasa lalu ditampilkan. Mulai potret Pasar Ngablak Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan Bantul tahun 1970. Tidak hanya itu, ternyata pernah berdiri pabrik gula di Gesikan Wijirejo Pandak tahun 1929. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI