Pabrik Triplek di Pajangan Ludes Terbakar

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Pabrik kayu lapis atau Triplek PT Dwi Saputra Bungsing milik Toru Sitepi di pedukuhan Bongsing Guwosari Pajangan Bantul, Selasa (5/10) ludes terbakar. Api yang melalap rumah produksi dan gudang berisi tumpukan ribuan lembar kayu lapis diduga dari api sampah serpihan triplek yang dibakar salah seorang pekerja.

Ketika sedang membakar sampah berupa serpihan triplek nyala api masih kecil, tetapi tiba- tiba datang angin kencang bertiup ke arah pembakaran sampah, sehingga api membesar dan merembet ke arah gudang. “Api yang sudah mulai melalap gudang semakin besar tidak bisa dikendalikan, walaupun semua pekerja telah bersusah payah berusaha memamadamkan si jago merah tersebut, ” jelas petugas Satpam setempat Didik Untoro.

Sebanyak 7 unit mobil pemadam kebakaran dari Damkar BPBD dan Polres Bantul , UGM, Kodya, PLN dan lainnya datang melakukan pemadaman api . Tetapi karena barang yang terbakar berupa kayu yang mudah terbakar dan meluas, sehingga upaya pemadaman api memerluka cukup waktu. Sekitar 3 jam mulai dari pukul 12.30 api baru bisa dikuasai.

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, tetapi 2 pekerja Rahman (33) dan Heri (44) mengalami luka bakar pada saat berupaya memadamkan api. Hingga berita ini diturunkan, kerugian belum bisa ditaksir.

Kepala BPBD Bantul, Drs Dwi Daryanto MSi mengatakan, selama musim kemarau 2021 sudah belasan kasus kebakaran yang pada umumnya karena kelalaian manusianya.

Dwi Daryanto mengimbau kepada warga, untuk mencegah terjadinya kebaran agar lebih hati-hati jika membakar sampah atau benda yang mudah terbakar. “Jangan ditinggal ketika masih membara,” pungkasnya. (Jdm)

 

 

BERITA REKOMENDASI