Paguyuban Kartunis Yogyakarta On The Spot Karikatur di FKY

Editor: KRjogja/Gus

PAGUYUBAN Kartunis Yogyakarta (Pakyo), hadir dalam helatan spesial Festival Kartunis Yogyakarta (FKY) ke-29 yang digelar Planet Pyramid, Jalan Parangtritis, Panggungharjo, Sewon Bantul, mulai Kamis (27 /7) – 13 Agustus 2017. Kartunis-kartunis Pakyo ini setiap harinya akan hadir melayani masyarakat yang ingin mengkarikaturkan wajahnya secara langsung, di arena Pasar Seni FKY. 

Seperti dilansir dari Koran Merapi, beberapa kartunis yang hadir di FKY diantaranya Agoes Jumianto, Yunus Joen Erlangga, I Made Arya Dedok, Priyo Puji R, Pujiyanto, Alex Pra, Abram Ilnawan, Bambang Sriawan, dan masih banyak lagi. ”Pakyo hadir di stan B-18 setiap harinya mulai jam 3 sore sampai jam 10 malam,” terang Yunus Erlangga, salah satu kartunis Pakyo yang ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Selain menggelar aksi ngartun on the spot, Pakyo juga menghadirkan beberapa koleksi karya seperti kartunpos, keramik kartun, boneka kartun, wayang kartun, dan sebagainya. Beberapa produk bernuansa kartun karya kartunis-kartunis Pakyo ini juga menjadi alternatif produk kreatif yang sedang digarap Pakyo.

Sebagaimana diketahui, Pakyo merupakan komunitas kartun pertama dan tertua di Indonesia yang berdiri di Yogyakarta pada tahun 1979 silam. Aktivitas yang berawal dari kegiatan pameran kartun ini makin berkembang untuk terus melahirkan inovasi-inovasi, sehingga ke depan, Pakyo bukan saja sekadar tempat berkumpulnya para kartunis, tetapi juga memberi manfaat pada lingkungan dan masyarakat luas dengan beragam produk kreatifnya. (*)

FKY

BERITA REKOMENDASI