Pameran Daerah di Luar Kendali Pusat

BANTUL, KRJOGJA.com – Ketua DPD Apkomindo DIY periode 2012-2015, Budi Setyawan menyatakan setiap pameran yang dilakukan oleh pengurus Apkomindo di daerah merupakan kewenangan pengurus daerah. Sehingga setiap pameran yang digelar di luar kendali pengurus DPP Apkomindo.

“Selama menjabat Ketua DPD Apkomindo DIY setiap pameran menjadi kewenangan kami. DPP Apkomindo tak pernah ikut campur dalam mengurus pameran,” ungkap Budi Setyawan dalam memberikan keterangan sebagai saksi ade charge (meringankan) dalam sidang dengan terdakwa Ir Soegiharto Santoso alias Hoky yang dipimpin majelis hakim diketuai Subagyo SH MHum dengan jaksa Ansyori SH dan Sabar Sutrisno SH serta penasihat hukum Bimas Ariyanta SH di PN Bantul, Kamis (13/7/2017).

Disebutkan, selama 3 tahun kepemimpinannya, saksi selalu menggelar pameran dengan PT Dyandra Promosindo sebanyak 2 kali dalam setahun dari 6 kegiatan pameran yang digelar DPD Apkomindo DIY. Bahkan hingga kepemimpinan DPD Apkomindo DIY digantikan Dicky Purnawibawa ST kerja sama pameran dengan PT Dyandra tetap dilakukan  dengan memasang logo Apkomindo.

“Dari dulu kami menggunakan logo Apkomindo tak permasalahan sama sekali. Tetapi saat adanya Pameran Mega Bazar di JEC tahun 2016 kami baru tahu tenyata logo Apkomindo milik perseorangan dan telah didaftarkan sebagai hak cipta,” lanjut pengurus Dewan Penasihat Asosiasi (DPA) Apkomindo DIY ini.

Dengan adanya masalah tersebut, sebagai DPA pihaknya meminta pengurus DPD Apkomindo DIY tak menggunakan logo tersebut. Hal itu dilakukan untuk mencegah tejadinya hal-hal yang tak diinginkan dengan penggunaan logo Apkomindo tanpa izin. Selain itu jangan sampai terjadi masalah atau tuntutan dari pihak pemilik logo bila tetap menggunakan logo Apkomindo.   

 “Saat pameran kami selalu menggunakan logo Apkomindo.  Karena setahu kami logo dibuat untuk asosiasi. Setelah ada masalah ini kami baru tahu kalau logo telah didaftarkan dan sementara waktu tak menggunakan lagi,’ imbuh Budi.

Dengan begitu, dalam pameran Mega Bazar di JEC tak ada campur tangan DPP Apkomindo termasuk terdakwa sebagai ketua umum. Selama ini saksi maupun Ketua DPD Apkomindo DIY tak pernah menandatangabi kontrak keja sama yang diketahui pengurus pusat. (Usa)

 

BERITA REKOMENDASI