Pancasila Satukan Keragaman Bangsa Indonesia

BANTUL, KRJOGJA.com – Sosialiasi MPR RI, Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika oleh anggota DPR/MPR RI, oleh Drs HM Idham Samawi di gedung Graha Trimurti Lestari Kedungbule Trimurti Srandakan Bantul, Kamis (3/12) malam.

Dalam acara tersebut juga dihadiri pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul. Program tersebut juga dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Sejumlah materi disampaikan dalam kegiatan tersebut. Salah satunya pentingnya menjaga persataun dan kesatuan.

Politisi PDI Perjuangan tersebut mengatakan, Negara Indonesia terdiri ribuan pulau. Sehingga keragaman berbagai budaya, suku, bahasa merupakan sesuatu hal wajar. Keragaman tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara kaya dengan berbagai keunggulan. Tetapi banyaknya perbedaan tersebut secara otomatis potensi konflik juga ada. Oleh karena itu pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia sanggup menyatukan keragaman tersebut dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dijelaskan, dalam sila ketiga persatuan Indonesia sudah jelas untuk tidak mengedepankan kesukuan atau golongan. Menurut Idham, sila ketiga tersebut sebagai bangsa Indonesia harus bersatu. Dalam kesempatan tersebut Idham Samawi juga menjelaskan, Indonesia sangat luas dan kaya dengan hasil bumi. Kusbowo Prasetyo SH, Ketua Panitia Dodi Purnomo Jati mengatakan, dengan program diharapkan semakin memantapkan jiwa nasionalisme ditengah masyarakat. (Roy)

BERITA REKOMENDASI