Pandemi Melanda, Guru PNS Ini Sukses Kembangkan Usaha Sempol Ayam

BANTUL, KRJOGJA.com – Begitu banyak cerita dalam pebisnis wirausaha makanan yang memulai karirnya dari nol. Berusaha dalam mengembangkan bisnisnya tidak mudah seperti membalikan ke dua telapak tangan.

Seorang guru PNS SLB N 2 Bantul, Titin Nurhayati (43)  membuka warung sempol ayam Mas Yudi cabang Pariz (jalan Parangtritis) pada tahun 2020 di awal masa pandemi. Kemampuan dalam mengatur waktu merupakan kunci kesuksesan bagi seorang guru dan juga pebisnis usaha Sempol Ayam tersebut.

Warung sempol ayam Mas Yudi ini letaknya sangat strategis tepatnya di Jalan Parangtritis di Dusun 1 Kretek RT07. Seorang guru dan pebisnis membuka Warung Sempol Ayam ini dengan tujuan untuk mempopulerkan sempol ayam itu sendiri yang saat pandemi tahun 2019 belum ada yang membuka usaha tersebut.

“Awalnya saya membuka warung sempol ayam ini pada bulan Maret 2020 di awal-awal pandemi, ketika semua PNS bekerja dari rumah (WFH), ketika di sela-sela mengajar ada keinginan untuk membuka usaha karena rumah saya letaknya di pinggir Jalan Parangtritis yang sangat strategis untuk membuka usaha di pinggiran jalan raya. Dan saya tertarik untuk membuka warung kecil-kecilan yaitu warung sempol ayam ini,” ujar Titin saat berbincang bersama Rusmita Yuniawati, mahasiswi semester satu Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa serta rekannya Meika Indri Kurniawati, mahasiswi semester lima Universitas Terbuka.

Setelah sempol bisa terjual dengan baik dirinya menambahkan menu lainnya yaitu kebab serta tahu walik. Menu dipilih karena di daerah ini belum ada yang membuka usaha tersebut. Tetapi untuk tahu walik-nya sendiri baru Titin tambahkan sekitar 3 bulan yang lalu dan menu ini dicoba untuk membuatnya sendiri.

Tak hanya berjualan langsung, Titin juga mengembangkan usahanya melalui penjualan online. “Awalnya saya ikut-kan dalam penjualan online, yang pertama itu Go Food, yang kedua itu Grab Food, dan yang ketiga ini Shoope Food. Karena di Shoope Food ini banyak promo Alhamdulliah banyak peningkatan dalam penjualannya. Di Shoope Food sendiri juga gratis ongkir dengan minimum belanja sampai 30 ribu dan diskonnya juga bisa sampai 60 – 70 persen. Tidak hanya itu, saya juga mengadakan Jum’at berkah dengan beli sempol, kebab, dan tahu walik saya kasih bonus, dan jika beli lewat online pembeli dan juga drivernya saya kasih bonus juga,” terangnya.

Setelah usaha berjalan cukup lancar bu Titin pastikan 500 tusuk sempol dalam satu harinya terjual. Dibantu dengan seorang karyawannya, warung ini buka dari jam 09.00 hingga 21.00 WIB.(*)

BERITA REKOMENDASI