Pandemi, Tabungan Ditukar Sembako dan Bayar Sekolah

BANTUL, KRJOGJA.com – Pengelolaan sampah di Bank Sampah Badegan Bantul yang sudah berlangsung bertahun-tahun ternyata saat masa pandemi menjadi lebih bermanfaat. Beberapa hal yang dirasakan seperti tabungan bank sampah dapat dimanfaatkan untuk ditukar dengan sembako atau dana dalam rekening bank sampah dapat dimanfaatkan untuk membayar sekolah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Ari Budi Nugraha usai menerima kunjungan  Wamen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Kompleks Parasamya dan kunjungan ke Bank Sampah Gemah Ripah Badegan, Jumat (18/6/2021).

“Kunjungan Wamen dalam rangka edukasi kepada ketua bank sampah dan mengapresiasi sinergitas Pemkab dalam pengelolaan sampah. Adapun model kegiatan bank sampah dengan pemilahan dan pengolahan sampah, jika konsisten  diterapkan warga Bantul mampu mengurangi penumpukan volume sampah di Bantul hingga sebesar 4 persen,” tegasnya.

Saat pandemi Covid-19 dengan banyaknya sektor ekonomi terdampak, PHK dan pemotongan gaji maka rekening nasabah bank sampah dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Hingga saat ini nasabah bank sampah di Bantul mencapai sekitar 1.700 nasabah.

BERITA REKOMENDASI