Pandemi Tak Pengaruhi Muzaki Membayar Zakat

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Pandemi Covid- 19 ternyata tidak berpengaruh terhadap kesadaran Muzaki dalam kewajiban membayar zakat melalui Lembaga Zakat, Infak dan Shadaqah Muhammadiyah .
Hal tersebut dikemukakan Ketua Badan Pengumpul Zakat Lazismu Bantul, H Suwandi DS didampingi Ketua Layanan, Lazismu Ary Kurniawan disela rapat konsolidasi program dan kelembagaan Lazismu Bantul, Sabtu (29/5).

Menurut Suwandi, selama tahun 2020, walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, pemasukan zakat ke Lazismu Bantul mencapai Rp 5 miliar. “Untuk tahun 2021 ini diperkirakan bisa mencapai lebih dari Rp 5 miliar,” ungkap Suwandi.

Sedangkan tugas Lazismu yakni mewujudkan target dengan mengumpulkan zakat sebanyak-banyaknya dari Muzaki kemudian mendistribusikan dengan segera kepada yang berhak. Utamanya membantu masyarakat dalam sektor pendidikan, ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan kesehatan untuk mengentaskan kemiskinan. Seperti kepentingan anak sekolah, pemberdayaan masyarakat dan lainnya. Juga untuk membantu kepentingan kemanusiaan dan bencana alam.

Untuk membantu kepentingan kemanusiaan yakni membantu rakyat Palestina, lewat Lazismu yang dibuka pada pertengahan Mei 2021 atau selama 2 minggu bisa terkumpul Rp 659 juta untuk dibantukan kepada rakyat Palestina melalui Lazismu Pusat. Penyerahan zakat untuk rakyat Palistina melalui Lazismu akan ditutup hingga 11 Juni 2021.

Dalam rapat konsolidasi tersebut utamanya membahas tentang struktur dan kelembagaan, strategi pengelolaan akutansi dan keuangan. “Dengan pengelolaan yang profesional, keberadaan Lazismu akan bisa lebih dipertanggungjawabkan dan aman dari penyimpangan atau korupsi,” pungkas Suwandi. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI