Pantai Baru Kembangkan Wisata Edukasi

Editor: KRjogja/Gus

SRANDAKAN, KRJOGJA.com – Keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) di Pantai Baru Poncosari Kecamatan Srandakan Bantul menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Selain bisa menikmati keindahan pantai dari bawah pohon cemara. Wisatawan juga bisa melihat dari dekat sumber energi terbaharukan.

“Memang keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid ini selalu kami jadikan bahan untuk mempromosikan keindahan Pantai Baru ke masyarakat luar. Artinya selain bisa berwisata nilai edukasinya bisa didapat di kawasan ini,” ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata Pantai Baru Poncosari Srandakan Bantul, Suwandi, Rabu (2/9).

Dijelaskan sejak berdirinya PLTH di Pantai Baru sudah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat serta pesatnya perkembangan wisata “Merujuk data, 80% warung di kawasan Pantai Baru ini memanfaatkan energi listrik dari PLTH khususnya untuk kebutuhan penerangan jalan wisata dan juga penerangan warung makan,” ujar Suwandi.

Selain itu energi terbarukan tersebut juga dimanfaatkan untuk mengangkat air untuk memenuhi kebutuhan mencuci dirumah makan. “Sedang untuk kebutuhan konsumsi seperti memasak, air dibawa dari rumah masing-masing,” ujar Suwandi. Selain itu, saat ini terdapat 1 kincir angin penghasil energi listrik didirikan di tepi Pantai Baru untuk uji coba.

BERITA REKOMENDASI