Pantai DIY Mulai Diserbu Wisatawan, Tim SAR Siagakan Personel

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pantai selatan DIY mulai Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo mulai diserbu wisatawan di momen libur Lebaran ini. Di Parangtritis misalnya, tercatat 9000 lebih wisatawan berlibur terhitung selama dua hari yakni 13-14 Mei 2021 ini.

Tim SAR Gabungan pun berjaga, memastikan keamanan para pengunjung di sepanjang pantai selatan DIY. Wahyu Efendi, Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta mengatakan pihaknya menyiagakan personil di berbagai lokasi wisata.

“Kami siagakan dan berpatroli di tempat wisata bersama dengan Tim Gabungan TNI, Polri, Sar Sarlinmas dan potensi SAR di pantai mulai dari pantai di Kulonprogo, Bantul sampai Gunungkidul. Tim Basarnas Yogyakarta di sebar ke beberapa titik objek wisata pantai termasuk dari Pos Basarnas Gunungkidul dan Unit Siaga Basarnas Kulonprogo,” ungkapnya pada wartawan, Sabtu (15/05/2021).

Tak hanya itu, tim dari kantor induk Basarnas Yogyakarta juga melaksanakan patroli ke obyek wisata pantai di wilayah Bantul seperti pantai Parangtritis, Parangkusumo, Pantai Baru dan pantai di sekitarnya. Sementara untuk tim dari Pos Basarnas Gunungkidul melaksanakan patroli di Baron, Krakal, Ngrenehan dan pantai lainnya.

“Untuk personil dari unit siaga Kulonprogo melaksanakan patroli Ke Bandara YIA, pantai Glagah, Congot, Trisik dan Bugel. Kami juga stanby tim jetsky di pantai Wediombo untuk berpatroli dari jalur laut,” sambungnya.

Basarnas Yogyakarta bersama Tim Gabungan selain berupaya memberikan rasa aman bagi wisatawan namun sekaligus juga mengingatkan untuk menaati protokol kesehatan. Tim SAR tidak ingin wisata pantai yang ramau justru menjadi klaster penularan virus Covid.

“Himbauan untuk masyarakan khususnya masyarakat DIY yang akan berwisata di pantai selatan DIY untuk tidak bermain air di laut, tetap mentaati himbauan petugas yang ada di lapangan serta harus mentaati protokol kesehatan selama berwisata,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI