Parangtritis Favorit Wisatawan, Petugas Gabungan Siaga

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Objek wisata Kawasan Parangtritis Kretek Bantul tetap menjadi tujuan favorit bagi pengunjung dari luar daerah maupun lokal Bantul sendiri pada Lebaran 2021. Walaupun jumlah pengunjung tidak sebanyak sebelum ada pandemi Covid-19.

Menurut Koordinator Retribusi Parangtritis Bantul, Rochmat, jumlah pengunjung Parangtritis pada Kamis (13/5) tercatat 3.100 orang, Jumat (14/5) 9.900 , Sabtu (15/5) 18.850 orang, Minggu (16/5) sampai jam 12.00 siang tercatat 5.900 orang.

Sementara pengamanan pengunjung di kawasan Pantai Parangtritis oleh petugas gabungan dari Ditpolairud, unsur TNI AD dan AL, Basarnas, SAR Linmas maupun Sat Shabara Polres Bantul secara periodik melakukan patroli bersama langsung turun ke pantai. Sasaran operasi pengunjung yang mandi di laut dan tidak mematuhi protokoler kesehatan. Pengunjung tetap diwajibkan memakai masker di lokasi wisata.

“Situasi pengunjung masih dalam taraf normal, tetapi kesiapsiagaan pengamanan tetap prioritas dan selalu mentaati protokoler kesehatan,” ungkap Dirpolairud Polda DIY, Kombes Pol Nurodin SIK didampingi Kabag Binops Dirpolairud AKBP Bayu Herlambang SH di Pos Pam Parangtritis.

Menurut Kombes Pol Nurodin, dalam menjaga keselamatan wisatawan di Parangtritis potensi masyarakat pesisir juga iku merapatkan barisan dengan selalu berkoordinasi dengan petugas dan pihak TPR untuk mengetahui jumlah pengunjung sesuai dengan tiket terjual. “Jika jumlah pengunjung melampaui batas maksimal TPR ditutup agar tidak terjadi kerumunan masal di lokasi wisata. Tetapi selama kunjungan Lebaran tidak terjadi luapan pengunjung,” pungkas Kombes Nurodin.

Sementara di beberapa objek wisata di Bantul, seperti Goa cemara, Pantai Baru, Samas dan lainnya selama libur Lebaran 2021 tetap dikunjungi wisatawan. (Jdm)

 

BERITA REKOMENDASI