Pasar Barter Pertahankan Lahan Hijau dari Permukiman

BANTUL, KRJOGJA.com – Public Farm Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Bangunjiwo Kasihan Bantul menggelar Pasar Barter Nusantara di Komplek Pendapa Kopi Sawah Kajigelem Bangunjiwo Kasihan Bantul, Minggu (28/3/2021). Kegiatan tersebut dibuka Yani Sapto Hudoyo dan dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon Kasihan dan pamong Kalurahan setempat, ditandani dengan memecah kendi.

Yani Sapto Hudoyo mengemukakan, Pasar Barter Nusantara ini patut diapresiasi dan didukung untuk diselenggarakan di beberapa wilayah dengan bergantian waktu. Karena kegiatan ini merupakan upaya pelestarian pertanian dan mempertahankan lahan hijau dari ancaman pemukiman baru.

Yani mengajak masyarakat untuk kembali belajar bertani, jangan dibiarkan banyak lahan kosong yang tidak ditanami jenis tanaman pangan apapun.”Sekarang ini jumlah penduduk semakin banyak, lahan pertanian samakin menyusut karena dipakai untuk permukiman, maka ayo kita menggerakkan gemar menanam jenis tanaman, utamanya pagi. Pemerintah jangan membiasakan impor pangan yang memperkaya negara orang, tetapi malah membuat miskin rakyat atau petani kita,” papar Yani.

BERITA REKOMENDASI