Patroli Keamanan Sekolah Bina Disiplin Siswa

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pelantikan dan pengukuhan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SD Muhamdiyah Bodon Jagalan Banguntapan Bantul periode 2019/2020 digelar, Rabu (20/11/2019). Sebanyak 65 siswa perwakilan kelas 4 dan 5 mengikuti prosesi pelantikan dan didampingi kepala SD Muh Bodon Eko Rosyan SPd, guru dan wali murid.

Program pembinaan PKS sebagai upaya melatih kedisiplinan siswa sejak dini. Mulai mengenalkan gerakan pengaturan lalu lintas agar bisa menjadi contoh untuk siswa lainnya. Tidak kalah penting dalam pembinaan PKS ialah membantu kegiatan sekolah khususnya ketika jam berangkat sekolah.

Baca juga :

Kesejahteraan Guru Honorer Jauh dari Harapan
Drainase Babaran Mulai Dinormalisasi

Dalam pelantikan itu, Kapolsek Banguntapan Kompol Suhadi SH MH sebagai inspektur upacara sekaligus melantik dan mengkukuhkan PKS SD Muhammadiyah Bodon. Suhadi mengatakan, komitmen SD Muh Bodon yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan PKS patut mendapat apresiasi.

Semua anggota PKS diminta menjaga sikap disiplin dalam semua hal, termasuk menjaga keselamatan diri dan orang lain ketika laksanakan tugas PKS. “Kami juga berharap koordinasi terus dilakukan dengan Polsek Banguntapan dalam pembinaan PKS SD Muh Bodon sehingga program bisa berkelanjutan,” jelasnya.

Suhadi mengungkapkan, sikap disiplin kepada seorang anak harus ditanamkan sejak dini. Harapannya jika dewasa nanti sikap disiplin tersebut akan terus diterapkan dalam  hidup bermasyarakat.

“Program pembinaan PKS ini sebenarnya tidak semata untuk jenjang sekolah dasar. Tetapi bagaimana siswa tersebut bisa mengedepankan jiwa disiplin dan tanggungjawab dalam segala hal,” ujar Suhadi. (Roy)

BERITA REKOMENDASI