Patung Garuda Segera Dibangun di Bukit Mengger

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Bantul bakal menggarap Bukit Mengger di Trimulyo Jetis Bantul sebagai wisata terkemuka di DIY. Meski sejauh ini masih dalam proses, target awalnya Bulan November 2018 ini setidaknya sudah terpasang patung garuda.

Keungggulan lainnya di Bukit Mengger jika dilihat dari satelit terdapat jejak sesar Opak. Terobosan tersebut diharapkan membawa kehidupan masyarakat sekitar  jadi lebih baik.

“Merujuk dari pemotretan satlit, Puncak Mengger merupakan sesar Opak paling jelas  terlihat. Oleh karena itu dengan segala potensi yang  ada pemerintah Bantul berusaha mengembangkan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo kepada KRJOGJA.com, Senin (08/10/2018).

Kwintarto  mengatakan, Bukit Mengger punya potensi menjanjikan sebagai destinasi wisata baru di Bantul. Rekaman sesar Opak juga dapat terlihat jelas karena berada di batuan keras.  Oleh karena itu Bukit mengger nantinya  bakal digarap jadi  objek wisata berbasis edukasi.

Wacana ke depannya, bakal dipasang sedikitnya  24 patung pahlawan nasional di  Bukit Mengger.  Namun sejauh ini pemerintah Bantul masih memproses izin penggunaan tanah dari Kraton Yogyakarta. “Secara prinsip kraton punya pandangan sama, tetapi kami tentu harus mempersiapkan  semua berkas administrasi untuk perizinan itu,” ujarnya.

Paling tidak setelah semua izin penggunaan tanah dari kraton selesai tahun 2019 proses penggarapan bisa segera mulai. Artinya dengan pembukaan wisata itu diharapkan memberikan peluang kerja baru bagi warga sekitar.

Kwintarto optimis Bukit Mengger punya  kekuatan  manarik wisatawan untuk datang berkunjung. “Dari puncak bukit itu bisa melihat matahari terbit dan tenggelam, itu salah satu potensinya,” ujarnya.

Sementara Bupati Bantul Drs H Suharsono disela melakukan tinjauan di Bukit Mengger mengatakan bakal membangun  bukit itu supaya lebih menarik.  “Dari pemerintah Bantul hanya ingin membangun kawasan ini supaya memberikan kesejahteraan bagi  rakyat saya,” ujar Suharsono. (Roy)

BERITA REKOMENDASI