PDIP dan Gerindra Tunggu Keputusan Pusat

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Baik PDI Perjuangan maupun Partai Gerindra masih harus menunggu rekomendasi dari pimpinan pusatnya untuk penentuan jabatan pimpinan DPRD Bantul. Sebagai peraih suara maupun kursi terbanyak, PDIP berhak menduduki ketua dewan, sedangkan urutan di bawahnya, Partai Gerindra, berhak jabatan wakil ketua I.

Gerindra telah menetapkan tiga kandidat untuk menjabat posisi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bantul. Tiga kandidat ini dinilai paling memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh DPC Gerindra Bantul. Sekretaris DPC Partai Gerindra Bantul Darwinto menuturkan tiga kandidat yang diajukan yakni Nur Subiyantoro, Enggar Suryo Jatmiko dan Datin Wisnu Pranyoto.

Dari ketiga kandidat ini suara terbanyak dari Enggar Suryo Jatmiko. "Keputusan ada di pengurus pusat dan kami pengurus daerah hanya mengirim nama kandidat," jelasnya.

Pengajuan tiga kandidat ini imbuhnya berdasarkan jabatan tertinggi di struktural partai selain perolehan suara di pileg. Ditambahkan dua nama yang tidak direkomendasikan menjadi pimpinan partai maka akan diproyeksikan menjadi ketua fraksi dan ketua alat kelengkapan (alkap) Dewan. "Kami masih menunggu rekomendasi dari pengurus pusat," tambahnya.

Sementara Ketua DPC PDI Perjuangan Bantul Joko Purnomo, memastikan keputusan menentukan pimpinan ketua DPRD menjadi hak DPP PDI Perjuangan. PDIP sebagai peraih suara tertinggi berhak atas posisi jabatan Ketua DPRD. DPC PDI Perjuangan, imbuhnya mengajukan tiga nama kandidat masing-masing Hanung Raharjo, Dwi Kristianto dan Aryunadi.

Sedangkan Ketua DPC PKB Bantul Abdul Halim Muslih, mengatakan partainya berhak atas jabatan pimpinan DPRD yakni Wakil Ketua II DPRD Bantul. Ditambahkan Halim, ia memastikan menunjuk Subhan Nawawi sebagai perwakilan yang duduk di kursi pimpinan DPRD.

Posisi Subhan sebagai Sekretaris DPC PKB menjadi pertimbangan utama. Sebab untuk urusan wakil di pimpinan DPRD perolehan suara tidak diperhitungkan lagi di internal DPC PKB.

Sementara itu dalam rapat paripurna pelantikan anggota DPRD Bantul Selasa (13/8), menetapkan Hanung Raharja sebagai Ketua DPRD Sementara dan Nursubiyantoro sebagai Wakil Ketua DPRD Sementara. Mereka akan bertugas sampai terdapatnya pimpinan DPRD Bantul definitif. (Aje)

BERITA REKOMENDASI