Pedagang Menyerah, Tidak Mampu Bayar Cicilan Bank

BANTUL, KRJOGJA.com – Kebijakan perpanjangan PPKM darurat semakin membenamkan sektor wisata di Kabupaten Bantul. Warga yang selama ini berkecimpung disektor tersebutpun mulai frustasi. Lebih ironis lagi, sejumlah pemilik rumah makan di Pantai Depok mengaku sudah tidak mampu lagi membayar cicilan bank.

Seorang pemilik rumah makan seafood di Pantai Depok, Nunik, Rabu (21/7/2021) mengungkapkan kondisi pelik yang tengah dihadapi bersama sejawat lainnya. Selama PPKM Darurat nasib pedagang makin terpuruk. “Kita disini sudah mendengar PPKM akan diperpanjang, terus bagaimana nasib kami. Kami usaha hanya untuk makan sehari hari bukan yang lainnya. Adanya pasrah meski sangat terpuruk,” ujarnya.

Selama PPKM rumah makan seafood hanya melayani pesanan dari masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di rumah atau dikirim ke shelter. Jika beruntung sehari hanya menghabiskan 1 kilogram ikan, konsekuensinya harus mengantar ke pemesan.

Kondisi ekonomi rontok ketika sejumlah jalur utama menuju objek wisata dilakukan penyekatan. Saat PPKM diperpanjang, pelaku usaha rumah makan seafood di Pantai Depok berharap ada kebijakan dari perbankan bisa menunda cicilan hutang. Selama PPKM darurat pendapatan terjun bebas. Karena pada saat wisata ramai tidak ada pelaku usaha rumah makan seafood yang ‘ngemplang’ bayar hutang.

BERITA REKOMENDASI