Pedukuhan Ngireng-Ireng Dicanangkan Sebagai Kampung Pancasila

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Pedukuhan Ngireng-Ireng Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, dicanangkan sebagai Kampung Pancasila 2022, oleh Dandim 0729 Bantul, Letkol Inf Agus Indra Gunawan ditandai dengan pemukulan gong di Pedukuhan Ngireng- Ireng Senin (4/4), disaksikan Kepala Biro Tata Pemerintahan DIY KPH Yudho Negoro, jajaran Forkompimkab Bantul , Panewu maupun Pamong Kalurahan setempat.
Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih mengungkapkan, Pemkab Bantul menyampaikan apresiasi kepada jajaran TNI khususnya Kodim 0729 Bantul ,karena telah dicanangkannya pedukuhan Ngireng-Ireng menjadi Kampung Pancasila. Hal ini merupakan upaya nyata untuk menjaga nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat.
Kampung Pancasila sangat penting untuk memutus rantai radikalisme sehingga Kampung Pancasila perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.
“Pencanangan Kampung Pancasila di pedukuhan Ngireng Ireng ini saya harap bisa menjadi percontohan dan akan berkembang di semua Kalurahan se Kabupaten Bantul. Pancasila harus ditanamkan dalam diri setiap warga negara Republik Indonesia, tidak terkecuali warga Kabupaten Bantul. Saya yakin dengan pencanangan Kampung Pacasila ini akan menjadi contoh yang baik, untuk hidup berdampingan agar tetap rukun dan jika rukun apapun bisa terwujud. Kalau tidak rukun tidak ada tolerensi tidak bisa hidup berdampingan , sehebat apapun tidak akan terwujud,” tegas Bupati Bantul.
Maka dengan Kampung Pancasila ini diharapkan akan dapat mempererat kerukunan , kekompakan dan tolerensi warga masyarakat sehingga dapat mewujudkan Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan.
Dandim 0729 Bantul menambahkan, nilai-nilai Pancasila sudah dilaksanakan oleh warga Ngireng-Ireng, terbukti adanya kerununan antar umat beragama , saling tolerensi dan gotong – royong. ”Kenapa dicanangkan Kampung Pancasila, karena sebagai upaya menangkal dan antisipasi adanya gangguan Kamtibmas, seperti paham radikalisme,” pungkasnya . (Jdm).

BERITA REKOMENDASI