Pejuang Veteran Berharap Generasi Muda Jaga Perdamaian

Editor: Ivan Aditya

BANTUL (KRjogja.com) – Para pejuang veteran mengharapkan generasi muda saat ini untuk terus hidup dengan menjaga perdamaian tidak mudah terpecah belah. Tepat pada hari pahlawan 10 November ini, mereka berharap dapat menikmati hari tuanya dengan damai dan tenang.

Salah satu pejuang veteran dengan pangkat Sersan Mayor (Serma) Harjo Suwito (98) menuturkan kisahnya saat masa perjuangan dahulu. Kala itu ia mengabdi dan bertugas di kawasan Bogor, Jakarta dan Bandung.

"Saat saya bertugas dulu, Presiden Soekarno sering mampir di wilayah tugas saya. Saya sangat mengagumi Soekarno, sampai sekarang fotonya saya simpan karena beliau pepunden yang sangat saya banggakan dan kagumi. Generasi muda contohlah keteladanan Presiden Soekarno," kata Harjo ditemui di kediamannya kawasan Kadirojo Bantul disela kunjungan Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat Desa (Babinkamtibmas) dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2016).

Di gubug tua yang sudah usang, ia tinggal di bersama anaknya. Rumah tersebut merupakan bantuan korban gempa. Meski sudah uzur namun ia tidak mudah sakit, hal ini karena purnawirawan prajurit ini selalu bergerak.

Adapun hobi yang sering ia kerjakan adalah menyapu halaman dan makan masakan padang. Istri Harjo Suwito sudah lama meninggal dan ia tidak menikah lagi. Dari perkawinannya ia memiliki 4 anak, 12 cucu dan 17 buyut.

Pejuang veteran lain, Abdullah Irsyad (103) warga kawasan Geblag Bantul juga mengaku hal serupa. Ia berharap generasi muda bakal hidup rukun bersatu tanpa membedakan apapun. "Satu hal yang harus diteladani supaya panjang umur adalah selalu bersyukur dan hidup apa adanya," ujar ayah delapan anak, 12 cucu dan tiga buyut ini.

Babinkamtibmas Desa Bantul, Winardi menambahkan kedatangannya ke rumah para pejuang veteran dilakukan menghormati dan mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah menjadikan Indonesia merdeka. Selain bersilaturahmi, mereka juga membawa tali asih. Kedepan, ia berencana melakukan bedah rumah pada rumah veteran yang tidak layak huni. (Aje)

BERITA REKOMENDASI