Pelaku Wisata Menanti Pelebaran Jalan Imogiri-Mangunan

Editor: KRjogja/Gus

DLINGO, KRJogja.com – Masyarakat dan pelaku wisata di Mangunan Dlingo menaruh harapan besar terhadap  proyek pelebaran jalan Imogiri-Mangunan Dlingo Bantul oleh pemerintah  DIY. Mereka meyakini dengan akses menuju objek wisata dilebarkan berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan. 

Sejauh ini proyek tersebut kembali berjalan setelah dihentikan sementara bertepatan dengan Hari Raya Idhul Fitri. Sesuai target, pembangunan jalan sepanjang tiga kilometer ini selesai Agustus mendatang.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY, Ir Bambang Sugaib ST Selasa (26/6) menjelaskan, pembangunan jalan itu memang libur ketika Lebaran. Kebijakan menghentikan diambil untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas selama liburan. “Sudah dimulai kembali pembangunan jalan harapan kami selesai tepat waktu,” ujarnya.

Bambang mengungkapkan, sebenarnya jalur Imogiri-Mangunan yang akan diperbaiki sepanjang tujuh kilometer dan menyedot anggaran mencapai Rp 38 miliar. Namun perbaikan tidak bisa dilaksankan sekaligus lantaran keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah. Tahap pertama ini PUP ESDM DIY baru membangun tiga kilometer dengan anggaran Rp 14,5 miliar. 

“Untuk sekarang ini masih tahap pengerjaan dan kami akan terus lakukan pengawasan sehingga pengerjaan dapat berjalan baik sesuai dengan kontrak yang telah ditandatangani,” kata Bambang.

Sementara Ketua Koperasi Notowono Mangunan, Purwo Harsono menyambut antusias dengan pelebaran jalan oleh pemerintah itu. Purwo Harsono mengakui, setelah selesai proyek dipastikan arus kendaraan lebih lancar. “Sekarang proyek itu sudah mulai, sempat berhenti hampir dua pekan karena Lebaran,” kata Purwo Harsono. 

Meski pengerjaan masih terus berjalan,  namun pihaknya optimis, karena dampak dari pelebaran jalan sudah bisa dirasakan masyarakat. Indikasinya ketika libur lebaran lalukondisi arus lalu lintas lebih lancar dari Imogiri sampai kawasan objek wisata di Mangunan. “Kondisi liburan tahun ini jauh beda jika dibanding ketika libura Lebaran tahun lalu,” jelas Ipung, sapaan akrabnya.(Roy)

BERITA REKOMENDASI