Pelatihan Ketrapilan, Bekal Hidup Warga Binaan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bantul menggalakkan pelatihan ketrampilan membuat berbagai jenis kerajinan. Saat ini yang sedang digalakkan membuat kursi taman dengan inovasi cor besi.

Pelatihan ketrampilan membuat kerajinan ini berlangsung melalui perjanjian dengan pihak kedua UD Diana Teknik Ceper Klaten. Sedangkan pelatihan di Rutan Bantul dilaksanakan setiap hari di bengkel kerja komplek Rutan Bantul.

Karutan Bantul, Enjat Lukmanul Hakim didampingi staf Pembinaan Kemandirian Rutan Bantul, Daru Mustafa Selasa (16/11/2021) menjelaskan, warga binaan tidak terlepas dari peran sertanya dalam mewujudkan tujuan pembangunan di Indonesia. Mereka maka perlu mendapat pelatihan ketrampilan yang dapat menjadi bekal kembali ke masyarakat dengan kemandiriannya.

“Pelatihan ketrampilan ini merupakan tugas pokok satuan kerja, yakni membina para warga binaan melalui ketrampilan yang mereka miliki selama ini. Bentuk ketrampilan yang diajarkan kepada warga binaan di Rutan Bantul selama ini membuat meubeler, anyaman, tukang kayu dan lainnya. Tetapi kali ini latihan membuat kursi taman dari besi cor,” jelasnya.

Dengan kegiatan pembinaan melalui bimbingan kerja ini diharapkan mampu mingkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan para warga binaan, sehingga tercipta tenaga kerja warga binaan yang terampil dan mandiri. Enjat juga berpesan kepada masyarakat, agar tidak mengucilkan warga binaan yang sudah selesai menjalani masa hukuman dan sudah sadar mengakui keselahannya dan ingin berbuat baik. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI