Pelatihan Kewirausahaan Digital di BBKB

YOGYA (KRJogja.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) memberikan pelatihan kewirausahaan berbasis teknologi digital kepada sekitar 52 pengrajin usaha mikro dan kecil (UMK) di Yogyakarta. Acara yang dibuka Selasa (24/11) lalu berlangsung selama 5 hari hingga Sabtu (28/11).

Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenhub sekaligus Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas Endang Budi Karya, Kamis (26/11) menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan Wirausaha Baru Kriya untuk mendukung pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur.

“Saya mengapresiasi pelatihan yang dilakukan Kementerian Perhubungan yang tidak hanya memberikan pelatihan, namun juga merencanakan untuk membantu dalam mempromosikan dan memasarkan produk hasil pelatihan bersama di Yogyakarta dan di 5 okasi pelatihan lainnya yakni di Labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba, Likupang, dan Patimban,” urainya.

Ditambahkan pihakny juga mendukung dan berupaya meningkatkan kehidupan kelompok usaha kecil dan menengah dengan mendorong semua elemen pelaku usaha kerajinan lebih peduli, kreatif, dan bangga dengan buatan Indonesia, dengan memberikan pengetahuan berbisnis secara online misalnya pembuatan website, pendayagunaan medsos, dan pemanfaatan search engine.

 

“Kami juga merencanakan memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas desain dan kemasan produk agar sesuai dengan selera pasar dan dapat bersaing ke pasar global,” tuturnya lagi.

 

Wakil Ketua Dekranasda DIY GKBRA Adipati Paku Alam X menyatakan pihaknya mendukung penuh kegiatan pelatihan ini dalam upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas produk yang berkaitan dengan pengembangan desain.

 

“Untuk menciptakan desain produk yang baru membutuhkan ide dan kreativitas.

 

“Untuk itu perlu melalui berbagai tahapan hingga mampu menciptakan pengembangan untuk produk baru yang dapat diterima oleh masyarakat. Keberhasilan suatu hasil kerja inovasi kreatif sangat ditentukan oleh kualitas dan kerjasama antara desainer dan UKM itu sendiri,” tuturnya.

 

Kepala BBKB, Ir. Titik Purwati Widowati, MP menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Balai Besar Kerajinan dan Batik sebagai tempat pelatihan sekaligus berkolaborasi dengan para instruktur pelatihan BBKB. Dari pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas para pengrajin. (Aje)

 

BERITA REKOMENDASI