Pembangunan 42 Daerah Irigasi Dukung Pencapaian Kedaulatan Pangan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pembangunan Deerah Irigasi (DI) di Kabupaten Bantul terus dilakukan sebagai upaya meningkatkan produksi pertanian. Tahun ini dari 100 DI di Bantul, 42 diantaranya dalam proses perbaikan lewat Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Irigasi (P3TGAI). Jumlah DI yang perbaiki melalui dana aspirasi anggota Komisi V DPR RI Drs HM Idham Samawi untuk sekarang ini ada yang  mencapai 85 %.

"Kegiatan monitoring ini untuk mengetahui sejauh mana pencapaian serapan anggaran dari program P3TGAI serta untuk memastikan lokasi yang dapatkan daerah menerima program tersebut," ujar Tenaga Ahli, Idham Samawi anggota Komisi V DPR RI, Noor Janis Langga Barana disela monitoring pembangunan Daerah  Irigasi di Dusun Sindet Desa Trimulyo Jetis Bantul, Senin (26/08/2019).

Janis mengatakan, dengan dana aspirasi Rp 195 juta itu penerima bisa memanfaatkan untuk membuat atau memperbaiki jaringan irigasi. Artinya pemerintah ingin mendorong agar produktivitas pertanian lebih meningkat untuk mempercepat pencapaian kedaulatan pangan.

"Tahun 2019 ini Pak Idham lewat aspirasinya khusus di Bantul ada 42 DI dibangun, ini hanya salah satunya, karena banyak program aspirasi dari Pak Idham, termasuk jembatan dan juga RTLH untuk rakyat Bantul," ujar Noor Janis.

Dalam kesempatan itu Ketua Kelompok Tani Satuhu Sindet Trimulyo Jetis Bantul, Dwi Rustanto menyampaikan jika kelompoknya perlu didukung dalam pembangunan gudang pertanian serta kelanjutan program pembangunan DIY. Kepala Bidang Sumber Daya Air, DPU PKP Bantul, Yitno ST MT mengatakan lokasi  42 DI yang saat ini dibangun berada 42 desa di Bantul. "Melihat jaringan sekarang ini  distribusi air kedepannya semoga semakin lancar hingga produksi pertanian juga meningkat," ujar Yitno.

Dari jumlah itu, kecukupan air mencapai 81,12%. Sementara kondisi jaringan 81,18 % kondisi baik. Terkait dengan pembangunan DI dari 42 lokasi serapan anggarannya sangat baik sehingga disisa waktu 1,5 bulan ini pekerjaan bisa selesai sesuai dengan target waktu. (Roy)

BERITA REKOMENDASI