Pembangunan Jembatan Kretek II Dipercepat

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Proses pembangunan jembatan Kretek II di atas sungai Opak yang menghubungkan wilayah Samas Sanden dengan Depok Parangtritis diupayakan bisa dipercepat sesuai arahan dari Kementerian PU.

Menurut Humas kontraktor Wika kerjasama dengan Hutama Karya (Persero), Wahyu didampingi Wayan, Jumat (7/5), pembangunan jembatan JJLS ini sesuai kontrak kerjanya 720 kalender, atau selama sekitar 2 tahun, dimulai 27 Januari 2021. Sehingga jembatan yang mempunyai panjang 1,7 Km ini diperkirakan selesai akhir 2022.

“Tetapi kami punya target pembangunan jembatan Kretek II ini bisa dipercepat sesuai arahan dari Kementerian PU, sehingga diharapkan tidak sampai dua tahun sudah bisa selesai” ungkap Wahyu.

Realisasi pembangunan jembatan saat ini sedang membuat dasar-dasar tiang dimulai dari sisi barat . Untuk membangun jembatan mungkin terpanjang di DIY ini akan menghabiskan dana Rp 364 miliar lebih.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo SSos menuturkan, jembatan yang merupakan rangkaian Jalur Jalan Lingkar Selatan(JJLS) penghubung wilayah Jawa Barat- Jawa Tengah- DIY- Jawa Timur ini jika sudah selesai dibangun pasti akan meningkatkan perekonomian masyarakat . “Bukan hanya Bantul, tetapi jembatan ini akan mewarnai pintu masuk wilayah DIY dari selatan,” papar Kwintarto.

BERITA REKOMENDASI