Pembangunan Posko SAR Tidak Boleh Sembarangan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Gelombang Pantai Parangtritis Kapanewon Kretek dinilai paling ganas dibanding lokasi lain di selatan Bantul. Sehingga penjagaan ekstra ketat harus diterapkan personel SAR mencegah hal-hal tidak diinginkan menimpa wisatawan. Dibangunnya pos komando SAR di Parangtritis merupakan wujud komitmen pemerintah DIY memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan.

“Pos komando yang sedang dibangun sangat mendukung terhadap kelancaran temen-temen SAR dalam melaksanakan tugas pengamanan,” ujar Komandan SAR Korwil 3, Ali Sutanta Jaka Saputra kepada KRJOGJA.com, Jumat (11/06/2021).

Ali mengatakan, posko lama sudah berusia hampir 25 tahun. Kondisi bangunan tidak sebanding dengan jumlah personel. Oleh karena pihaknya mengajukan ke Sat Pol PP DIY untuk dibuatkan pos komando SAR di Parangtritis. “Sekarang masih proses pembanguna pos komando SAR berlantai dua ini,” ujar Ali.

Bangunan baru tersebut diyakini bakal memberikan dampak positif terhadap spirit SAR. Nantinya semua sarana dan prasana bisa dijadikan satu di posko terbaru.

Pihaknya juga sudah mengajukan prasarana kepada Pemda Bantul. Permintaan tersebut untuk melengkapi kekurangan di lapangan. Motor trail untuk mobil mobil double cabin untuk menjangkau area pasir sebelah barat dan sebelah timur.

Selain itu Ali juga sudah koordinasi dengan pengawas, pelaksana dan pemborong agar pembangunan posko material sesuai spek yang ditentukan. Bahkan pihaknya setiap hari juga ikut memantau proses pembangunan. “Sesuai perintah Pak Kasat Pol PP DIY, Pak Noviar jika ada kekurangan segera diminta melaporkan,” kata Ali. (Roy)

BERITA REKOMENDASI