Pembebasan Tanah NYIA Tantangan Terberat

YOGYA (KRjogja.com) – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) DIY Arie Yuwirin secara resmi purna tugas Jumat (04/11/2016). Salah satu anggota Srikandi Mataram ini kini bertugas sebagai Dirjen Pembebasan Tanah BPN Pusat. 

Sejak 2013 Arie memimpin BPN DIY dan mengambil beberapa keputusan strategis terkait pembebasan tanah yang tak jarang mengundang pro kontra di ranah bawah. Namun satu yang paling membekas adalah pembebasan lahan bandara di Temon Kulonprogo yang dirasa berhasil saat ini. 

Menurut dia, keberatan masyarakat sejak masa perencanaan dirasa menjadi tantangan yang sungguh tidak mudah dalam kariernya di BPN DIY. "Tahap persiapan kita sudah banyak yang keberatan, kemudian ketika IPL keluar kita sudah digugat ke MA, benar-benar menguras tenaga dan pikiran memang," terangnya saat ditemui wartawan di acara perpisahan bersama kepala-kepala dinas yang tergabung dalam Srikandi Mataram, Jumat (04/11/2016). 

Permasalahan bandara Kulonprogo sendiri tak berhenti di situ karena saat pengukuran dimulai masih banyak warga setempat yang belum bersedia lantaran tak ingin pindah dari lokasi tersebut. Tak ayal beberapa kebijakan hasil pemikiran Arie pun mesti dibuat dengan mengerahkan segala daya upaya. 

"Kita berkali-kali musyawarah dengan warga, kami dengarkan harapan dan keinginan mereka hingga akhirnya sedikit demi sedikit mulai bersedia. Alhamdulillah saat ini semuanya sudah selesai dan proses pembayaran sudah hampir seluruhnya terealisasi," imbuhnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI