Pemdes Mangunan Ingin Jalan dan Gorong-gorong Direhab

DLINGO, KRJOGJA.com – Pemerintah Desa (Pemdes)  Mangunan Kecamatan Dlingo Bantul berharap, pemerintah DIY secepatnya melakukan perbaikan atas rusaknya jalan dan gorong -gorong Dusun Sukorame Mangunan. Jika tidak segera dilakukan dikhawatirkan kerusakan makin meluas serta membahayakan pengguna jalan.  Dampak jika jalan itu rusak, mengganggu arus lalulintas antar wilayah di Kecamatan Dlingo serta Bantul dan Gunungkidul.               

"Jalan ini kan statusnya jalan provinsi yang menghubungkan desa-desa di Kecamatan Dlingo. Selain itu, akses jalan ini juga menghubungkan Dlingo dan Playen Gunungkidul," ujar Lurah Desa Mangunan Jiono SSos SH, Rabu (19/6).      

Dijelaskan, kerusakan jalan terjadi di sisi selatan dan masih bisa dilalui kendaraan baik motor dan mobil. Namun persoalannya, jika tidak segera diperbaiki Jiono khawatir kerusakan semakin lebar.  "Memang saat ini masih dilalui seperti biasa, baik motor dan kendaraan besar lainnya. Tetapi yang jadi kekhawatiran kami adalah jika tiba-tiba sampai ambrolnya," ujarnya. 

Menurut Jiono, jalan tersebut selain menjadi akses paling utama juga jadi penopang jalur wisata. Jangan sampai aktivitas masyarakat menjadi terganggu  karena situasi tersebut.  Ikwal kerusakan badan jalan itu sebagai dampak hujan deras Maret lalu.  Karena ambrolnya jalan itu tepat berada diatas jaringan air dari gunung.  Beton dibawa badan jalan sudah tergeser sehingga, akibatnya aspal diatasnya juga mengalami kerusakan.  

Dengan kondisi seperti itu sebagai Kepala Desa Jiono berharap pemerintah segera mengambil langkah-langkah kongrit.  Sebenarnya ketika jalan tersebut mengalami kerusakan, atau paling buruknya tidak bisa dilalui masih ada akses lainnya. Namun jaraknya memutar, bagi warga di Desa Temuwuh, Dlingo dan Jatimulyo harus memutar lewat Terong. (Roy)

BERITA REKOMENDASI