Pemdes Srigading Kembalikan Kejayaan Samas

BANTUL (KRjogja.com) –  Pemerintah Desa (Pemdes) Srigading Sanden Bantul terus berusaha agar Pantai Samas kembali jadi tempat favorit wisatawan mengisi liburan. 

Lurah Desa Srigading Sanden Bantul, Wahyu Widodo SE mengatakan sudah membuat serangkaian terobosan baru agar perekonomian Samas kambali bangkit. Termasuk pembangunan  tempat pelelangan ikan (TPI) baru disisi utara.  "Kami buat TPI tersebut agar perekonomiannya bergerak,  tumbuhnya perekonomian itu salah satu cara agar stigma negatif di Samas  bisa hilang," ujarnya. 

Pertimbangan lainnya adalah, pada saat para nelayan turun laut mencari ikan, istri bisa mengembangkan usaha lain. Pemdes juga berencana melakukan program pembuatan garam.  "Potensi produksi garam di Samas jelas terbuka, ini yang akan kami rancang jadi usaha produktif," jelas Wahyu. 

Wahyu mengakui selama ini keberadaan Pantai Samas memang terpuruk dengan banyak factor pemicunya. Namun hancurnya Pantai Samas akibat penilaian negatif masyarakat. Karena itu, upaya mengembalikan kejayaan Pantai Samas terus digencarkan. Termasuk dengan membuka Objek Wisata Pesona Pengklik di sisi timur Pantai Samas. "Kami buka Pengklik untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Paling tidak untuk menghapus stigma negatif Samas, meskipun baru 15 tenaga kerja yang mampu kami serap," jelasnya. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI