Pemerintah Jangan Anggap Remeh Soal Pasir

BANTUL, KRJOGJA.com – Tumpukan material pasir  didepan  Pos  SAR  Parangtritis  Kretek Bantul kini  makin menggunung. Kondisi ini jika tidak segera ditangani bakal menggangu aktivitas SAR dalam melakukan  pengawasan wisatawan. Sejauh ini gundukan pasir di depan Pos SAR satu meter lebih, dimungkinkan  akan terus meninggi  jika tidak segera dibersihkan.  

Komandan SAR Bantul, Arif Nugraha mengungkapkan, tebalnya material pasir yang menumpuk di Pos SAR  mulai terjadi dua bulan terakhir. Namun paling parah terjadi dalam dua pekan terakhir.  "Dua bulan lalu kami sudah merasakan  tumpukan pasir makin menebal, setiap hari kami bersihkan. Tetapi justru semakin banyak hingga seperti sekarang ini,” ujar Arif.  Kondisi sekarang ini  memang sangat menggangu aktivitas SAR dalam melakukan penawasan.

Bahkan, kata Arif kendaraan roda dua dari arah pantai sekarang ini sudah tidak bisa masuk ke Pos SAR. Oleh karena itu Arif minta agar pemerintah segera mengambil tindakan menyingkirkan material pasir itu. “Kami dari Pos sudah tidak bisa melihat ke pantai,“ jelasnya.  

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Drs Dwi Daryanto MSi menampik tudingan pihaknya tidak berbuat apa-apa. Karena setelah ada laporan dari SAR  langsung koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Bantul. “Saya sudah melaporkan kondisi pantai selatan ke Dinas PU, ” ujar Dwi Daryanto. (Roy)

BERITA REKOMENDASI