Pemerintah Kalurahan Guwosari Pajangan Punya Seribu Cara Meredam Covid-19

Editor: Ary B Prass

PAJANGAN, KRJogja.com– Pemerintah Kalurahan Guwosari Kapanewon Pajangan Kabupaten Bantul menempuh berbagai cara  menumpas  Covid -19. Mulai sosialisasi protokol kesehatan (Prokes) hingga pengawasan bagi warga yang isolasi mandiri (Isoman) di rumah. Jajaran pemerintah kalurahan, RT dan semua elemen masyarakat di 15 padukuhan di Guwosari Pajangan Bantul bergerak serentak.
“Kalurahan Guwosari terdiri  15 padukuhan,  Covid-19 sudah tersebar di beberapa dusun, oleh karena itu kami bergerak bersama,” ujar Lurah Guwosari Pajangan Bantul, Masduki Rahmad, Selasa (3/8/2021).
Dijelaskan,  pemerintahan kalurahan sudah mengambil kebijakan strategis.  Himbaun untuk masyarakat  menjalankan prokes tidak pernah kendor.  Mulai  sosialisasi langsung,  surat edaran serta lewat platform media. “Dengan kegiatan tersebut agar masyarakat sadar, saling menjaga supaya pandemi segera berakhir,” jelasnya.
Kalurahan sudah menjalankan program ‘Gogrok Covid’, artinya spirit  gotong royong dan ketahanan masyarakat menghadapi Covid -19 digencarkan. Implementasinya  membentuk satuan petugas Covid-19. Mulai tingkat dusun dan kalurahan, mereka  menangani dan mencegah Covid-19 dengan sosialisasi.

BERITA REKOMENDASI