PEMILOS Bentuk Pendidikan Demokrasi Secara Dini

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – KPU Bantul menggelar Pemilihan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Pemilos) tingkat pendidikan atas meliputi SMA/ SMK/ MA secara virtual atau e-Pemilos di lantai tiga Gedung Induk Pemkab Bantul, Kamis (21/10).

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Bantul H Abdul Halim Muslim, diikuti 74 sekolah atau 31.779 siswa se SMA/SMK/MA dan dihadiri pejabat OPD terkait dan jajaran KPU Bantul.

Menurut Bupati Bantul, kegiatan e-Pemilios bertujuan sebagai sarana dalam pendidikan pemilih dan demokrasi. “Dengan e-Pemilos, saya berharap akan menjadi solusi dalam hal pendidikan dan pembiasaan demokrasi sejak dini. Siswa akan mengerti mengenai arti pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat dengan merefleksikan kepada kepengurusan OSIS , yakni dari, oleh dan untuk siswa. Selain itu siswa akan mengenal serta memahami mengenai nilai-nilai demokrasi dengan merefleksikan pada nilai-nilai yang harus ditegakkan dalam OSIS,” ungkap Bupati Bantul.

Pemilos secara langsung akan memberikan pendidikan karakter, baik bagi penyelenggara , bagi pemilih maupun para kandidat ketua OSIS. Karena itu Pemkab Bantul mendukung penuh terhadap pelaksanaan Pemilos sebagai bentuk pendidikan dan pembiasaan pendidikan pemilih dan demokrasi di tingkat siswa, baik di jenjang pendidikan pertama maupun menengah.

Dalam e-Pemilos terdapat nilai-nilai demokrasi, seperti menghomati pilihan yang berbeda dan memberikan ruang yang sama bagi setiap siswa untuk menggunakan hak pilihnya.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menambahkan, sebelumnya juga telah digelar e-Pemilos tingkat pendidikan menengah se Bantul diikuti 35.309 siswa dan dengan jumlah partisipasi kehadiran 78, 2 persen. Jika dibanding dengan Pemilu, jumlah kehadiran tersebut sudah diatas rata-rata Nasional Pemilu yang 77, 5 persen.

Sementara peserta e- Pemilos 2021 ini dua tahun mendatang atau dalam Pemilu 2024 sudah menjadi pemilih pemula. “Sehingga Pemilos 2021 ini cukup strategis untuk memberikan pendidikan demokrasi kepada pesertanya, ” pungkas Didik Joko Nugroho. (B)(Jdm)(P).

 

BERITA REKOMENDASI