Pemkab Bantul Antisipasi Ledakan Cluster Wisata

Editor: KRjogja/Gus

SRANDAKAN, KRjogja.com – Pemerintah Kabupaten Bantul mengambil sejumlah langkah antisipasi membludaknya pengunjung di sejumlah objek wisata di Kabupaten Bantul. Jangan sampai momentum liburan Lebaran justru jadi cluster baru penyebaran Covid-19.

Sementara kesadaran wisatawan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) perlu ditingkatkan. Indikasinya petugas SAR Sat Linmas dan Pol Airud Polda DIY harus memberikan himbauan dengan pengeras suara dan menegur satu persatu di kawasan objek wisata Pantai Baru Srandakan Bantul, Minggu (16/5).

“Sudah kami antisipasi terkait meningkatnya pengunjung bertepatan dengan dengan liburan Hari Raya Idul Fitri. Dari Bapak bupati dan Wakil bupati Bantul hal-hal yang sebaiknya perlu diantisipasi,” ujar Kasat Pol PP Kabupaten Bantul, Yulius Suharta.

Sebelumnya pihaknya sudah rapat koordinasi dalam menguatkan posko terpadu dari unsur Dinas Pariwisata, Polairud Polda DIY, TNI. SAR Satlinmas di Parangtritis, Samas hingga Pantai Baru harus dioptimalkan. Mereka bisa melakukan pengawasan terkait prokes di samping keamanan pengunjung. “Bersama stakeholder lainnya kami berusaha momentum liburan Lebaran ini terjadi ledakan Covid -19 di Kabupaten Bantul,” ujar Yulius.

Masyarakat harus bisa menjaga diri dengan prokes dan melindungi orang lain. Menurutnya jangan sampai terjadi penyebaran Covid di tempat wisata. Pantauan KR lapangan SAR Sat Linmas dan Pol Airud Polda DIY untuk prokes. Selain menggunakan pengeras suara dalam memberikan edukasi protokol kesehatan, petugas juga mendatangi satu persatu wisatawan yang belum menggunakan masker. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI