Pemkab Bantul Bakal Ubah ‘Wajah’ PSG

BANTUL (KRjogja.com) – Pemkab Bantul terus melakukan terobosan baru agar kebaradaan Pasar  Seni Gabusan (PSG) di Jalan Parangtritis  Sewon Bantul memberikan manfaat kepada rakyat Bantul. Selama ini PSG belum mampu berfungsi secara optimal dalam menggerakkan perekonomian dari sektor  kerajinan. Melihat kondisi itu pemkab Bantul bakal merevitalisasi PSG agar  mampu mendorong pertumbuhan perekonomian di Bantul.

“Kami berencana melakukan revitaslisasi PSG, sehingga akhir 2017 nanti sudah ada perubahan dan dirasakan manfaatnya oleh rakyat Bantul,” ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul, Sulistiyanto MPd, Selasa (15/11/2016).

Dijelaskan, untuk memuluskan program tersebut, revitalisasi  dilakukan tiga tahap yakni fisik, ekonomi serta sosial. Dengan konsep itu kedepan PSG tidak sekadar jadi pusat perekonomian berbasis produk kerajinan  karya warga Bantul. Tetapi PSG dirancang menjadi pusat budaya dan seni  karya masyarakat Bantul.  

“Penonjolannya besok itu PSG jadi pusat kesenian dan budaya Bantul dan tentunya kerajinan,” ujar Sulistiyanto. Namun untuk mencapai target itu memang tidak mudah, persiapan sudah dilakukan sejak sekarang.

Sulistiyanto menjelaskan, untuk sekarang ini Pemkab Bantul masuk dalam tahap menyusun desain baru  yang bakal diterapkan di pasar itu.  “Masterplan juga sudah ada, sehingga  begitu proses pembebasan tanah selesai langsung bisa dikembangkan,” jelasnya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI