Pemkab Bantul Jalin Kerjasama dengan RS PKU Muhammadiyah Gamping

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Bantul melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan RS PKU Muhammadiyah Gamping tentang pelayanan akta kelahiran dan akta kematian, agar bisa terintegrasi secara online bagi penduduk Bantul. Pendandatangan dilaksanakan di ruang kerja Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, Senin (21/02/2022).

Proses penandatanganan oleh Kepala Disdukcapil Bantul Bambang Purwadi Nugroho SH MH yang mendapatkan kuasa dari Bupati Bantul dan Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping Ahmad Faisol. Disaksikan Wakil Bupati Bantul, Asek 1, Kepala Tata Pemerintahan, Kabag Hukum dan lainnya.

Menurut Bupati Bantul, penandatanganan kerjasama Pemkab Bantul dengan RS PKU Gamping ini merupakan implementasi layanan kepada masyarakat agar bisa cepat dan akurat. Bisa lebih baik sebagaimana amanat keterbukaan reformasi dan birokrasi.

Sementara Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping berharap dengan kerjasama Pemkab Bantul dengan RS PKU Gamping ini akan lebih cepat dalam penanganan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Disdukcapil menambahkan, kerjasama antara Bupati Bantul dengan PKU Muhammadiyah Gamping ditindak lanjuti secara teknis berupa perjanjian kerja sama antara Disdukcapil Bantul dengan PKU Muhammadiyah Gamping sesuai amanat Permendagri No 102 Tahun 2019 yang merupakan tindak lanjut program Nasional Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) point 1 yakni masyarakat sadar memiliki dokumen kependudukan berupa penerbitan Akte Kelahiran dan Akte Kematian.

Tujuan perjanjian kerja sama diantaranya, layanan Adminduk bisa diakses masyarakat dari rumah sakit PKU Muhammadiyah Gamping dengan lebih mudah , cepat, praktis dan gratis. Sehingga si ibu dan si bayi pulang dari rumah sakit secara outomatis akte lahir sebagai dukumen kependudukan resmi bisa sekaligus dibawa pulang. PKS ini juga merupakan salah satu inovasi Disdukcapil Bantul yang strategis untuk mempercepat terwujudnya akurasi data kependudukan Nasional. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI