Pemkab Bantul Luncurkan Program SIAK

BANTUL, KRJogja.com – Bupati Bantul Drs  H Suharsono meluncurkan program  Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang bakal terintegrasi dengan Sistem Informasi Desa (SID). 

Peresmiyan dilakukan di Pendapa Parasamya Kompleks Pemda Bantul, Rabu (6/12). Dengan terobosan itu, kecamatan dan desa lewat SID bisa mengakses data kependudukan dikelola Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul.

Suharsono optimistis dengan integrasi ini, semua pelayanan informasi dan administrasi kepada masyarakat di Bantul praktis dan cepat.  "Karena sistem ini berbasis IT, sehingga pelayanan akan lebih cepat, masyarakat juga bisa terlayani maksimal," jelansya.  

Bupatiberharap kepada semua lurah desa di Bantul agar bersinergi dan mampu memanfaatkan integrasi tersebut demi pelayanan masyarakat. Disdukcapil Bantul dan Dinas Kominfo Bantul sudah mengatur alur sistem informasi yang bisa diakses desa lewat SID. 

Kepala Disdukcapil Bantul, Bambang Purwadi Nugroho menjelaskan, ada beberapa item informasi tertera dalam SIAK dan dikelola pemerintah kabupaten. Seperti nama penduduk, tempat, tanggal lahir, status perkawinan dan alamat sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

 "Jadi ada beberapa informasi kependudukan dalam SIAK yang otomatis bisa diakses SID, tapi tidak semuanya," ujar Bambang. (Roy)

BERITA REKOMENDASI