Pemkab-Kejari Bantul Kerjasama Penyelesaian Masalah Hukum

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Pemerintah Kabupatan (Pemkab) Bantul melakukan penandatanganan nota kesepakatan kerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bantul dalam menyelesaian masalah hukum. Penandatanganan langsung dilakukan Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bantul Suwandi SH MH di ruang kerja Bupati Bantul , Jumat (8/10), dengan dihadiri Wakil Bupati, Sekda, OPD terkait dan perwakilan Lurah.

Bupati Bantul mengemukakan, penandatanganan kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan transparasi dan angkutabilitas dalam pelaksanaan pembangunan daerah di Kabupaten Bantul, selain itu nota kesepakatan ini sebagai pedoman kedua belah pihak untuk saling membantu dalam menyelesaikan masalah hukum di bidang perdata dan tata usaha negara serta pendampingan penyelenggaraan pemerintah kabupaten hingga pemerintah kalurahan.

Juga menjadi sarana untuk menjaga dan mempererat hubungan hermonis antara pemerintah Kabupatan Bantul dengan Kejaksaan Negeri Bantul. Untuk kelancaran kerja sama ini sejumlah OPD akan menjadi garda terdepan dalam pelsksanaannya.

“Karena itu kepada Inspektorat ,BKAD dan Bagian Hukum Pemkab Bantul harus siap melaksanakan ketentuan dalam nota kesepakatan ini sesuai tugas dan fungsinya.

Dengan ditandatanganinya kesepakatan kerjasama ini diharapkan penyelesaian masalah hukum dibidang perdata dan tata usaha negara akan lebih cepat dan tepat sasaran,” pungkas Bupati Bantul.

Sementara Kajari Bantul mengungkapkan, dalam kesepakatan kerjasama ini , Kejari akan membantu pendampingan sesuai fungsi bantuan hukum. Juga pelayanan hukum kepada masyarakat sehingga ada solusi dan resiko terkecil yang dihadapi masyarakat. Pertimbangan hukum terhadap Pemkab dan SKPD meliputi pendapat, pendampingsn dan audit serta tingkatan hukum lain bidang perdata tata usaha negara antar daerah. (Jdm)

 

BERITA REKOMENDASI