Pemkab Luncurkan ‘Bantul Solid’

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tetap digelar oleh Pemkab Bantul di Lapangan Paseban Komplek Pemkab Bantul, Selasa (17/08/2021), walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Upacara digelar dengan jumlah peserta terbatas, hanya 40 personel dari unsur Forkompimda dan 10 pengibar bendera. Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih yang bertindak sebagai inspektur upacara.

“HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun ini , meski beda ruang dan waktu , tetapi dirasakan ada kesamaan situasi di saat chaos yang serba kacau pada saat proklamasi 1945. Kekacauan yang sama saat ini juga terasakan kehadirannya, tetapi beda wujudnya. Karena cengkeraman Covid-19 yang telah menyebar menjadi pandemi global,” ungkap Bupati Bantul membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY Sri Sultan H B X.

Gubernur DIY mengingatkan, bahwa ‘mangan ora mangan kumpul’ yang dulu lekat sebagai ikatan kekerabatan , kini tidak tepat lagi untuk dijadikan panutan keluarga. Karena itu, bagi yang terpapar Covid-19 harus berbesar hati dan rela dipindahkan ke Shelter atau isolasi terpadu secara berjenjang. Gubernur juga mengajak seluruh warga untuk menumbuhkan optimisme dan saling percaya guna melawan Covid yang tak bisa diramalkan sampai kapan berakhirnya.

Upacara HUT Ke-76 Kemerdekaan RI di Bantul kemarin dilanjutkan lounching program Bantul Solid (Semangat Optimisme Lawan Covid-19) oleh Polres Bantul. Bupati Bantul menyambut baik atas diluncurkannya inovasi Bantul Semangat Optimisme Lawan Covid tersebut.

Bupati Bantul menekankan, dalam situasi seperti saat ini kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polres dan Kodim Bantul 0729 Bantul sangat dibutuhkan, untuk bekerja sama, berihktiar dan kerja keras mengatasi peasalahan kesehatan maupun ekonomi. Mulai dari jajaran Polres dan Kodim dengan Babinkamtibmas dan Babinsanya sangat diharapkan untuk terus bahu membahu bersama Forkompimda dalam melakukan pendisiplinan protokol kesehatan , termasuk vaksinasi dan penyiapan fasilitas isolasi serta dalam pemulihan ekonomi.

Di Bantul saat ini sudah terjadi tren perbaikan dalam pengendalian Covid-19. Laju penambahan kasus, BED occupancy rate dan positive rate mulai menunjukkan tren penurunan. Tetapi masyarakat harus tetap berhati-hati dan waspada dalam menyikapi tren perbaikan.

“Saya yakin bersamaan dengan momentum HUT ke-76 Kemerdekaan RI dan launching Bantul Solid ini , kapasitas respons dalam menghadapi ketidak pastian di bidang kesehatan dan bidang lainnya akan semakin kokoh dan solid, ” pungkas Bupati Bantul. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI