Pemkot Bentuk Tiga Kube Baru

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJAcom – Kelompok usaha bersama (Kube) yang biasanya dibentuk oleh Kementerian Sosial, pada tahun ini ada dukungan dari pemerintah daerah. Pemkot Yogya membentuk tiga Kube yang sumber dananya dialokasikan melalui APBD 2019.

Kepala Dinas Sosial Kota Yogya Agus Sudrajat, menjelaskan Kube yang dibentuknya memiliki perbedaan dengan kube yang dibentuk di daerah lain. "Biasanya Kube menjalankan kegiatan usaha yang sama secara bersama-sama. Tetapi di Kota Yogya bisa saja anggota dalam tiap kelompok memiliki usaha ekonomi produktif yang berbeda-beda," jelasnya.

Baca juga :

Grebeg Santri, Ribuan Santri DIY Ramaikan Jalan Maliboro
Ini Dampak Fenomena Hari Tanpa Bayangan

Tiga Kube yang dibentuk Pemkot Yogya pun terdiri dari dua Kube dari kelompok warga miskin dan satu Kube dari kelompok perempuan rentan sosial. Saat ini proses pembentukan sudah memasuki tahap konsolidasi dan penyusunan proposal permohonan bantuan. Setiap kelompok beranggotakan sekitar 10 orang dan akan memperoleh bantuan stimulan untuk kegiatan usaha ekonomi produktif sebesar Rp 20 juta per kelompok.

Penggunaan dana bantuannya mendapat pemantauan pekerja sosial masyarakat (PSM). Sehingga dana bantuan yang sudah disalurkan bisa dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung peningkatan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

"Anggota untuk tiap Kube juga harus menjalani seleksi. Salah satunya untuk mengetahui komitmen dari calon anggota kelompok. Warga yang berkomitmen tinggi, akan masuk sebagai anggota kelompok," imbuhnya.

Agus berharap program Kube dengan dukungan APBD Kota Yogya tersebut dapat mendukung program Gandeng Gendong yang diinisiasi Pemkot Yogya untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI