Penataan Kawasan Parangtritis Ditargetkan Selesai Sebelum Lebaran

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mengupayakan penataan bagi para pelaku wisata di kawasan objek wisata Pantai Parangtritis yang dimulai awal 2019 bisa selesai sebelum Lebaran 2019 atau sekitar Juni mendatang. Hal ini agar salah satu pusat unggulan wisata di Bantul itu semakin digemari wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo menuturkan sosialisasi terkait pemindahan aktivitas pelaku usaha dan pedagang sudah diakukan bagi kelompok masyarakat setempat. Pelaku usaha, imbuhnya diberikan pengertian dan sosialisasi apabila kawasan tersebut tertata dengan baik dampak positif akan dirasakan pelaku usaha itu sendiri.

"Kami berharap model penataan ini nantinya akan menjadi daya tarik wisata, karena kalau kita hadirkan wisatawan asing, kebersihan dan keindahan itu tidak bisa ditawar lagi. Kalau kawasan tertata dan layak go internasional maka akan menambah kepercayaan diri dan sangat optimis wisata Bantul laku di mata dunia," urainya.

Selain sarana pendukung, atraksi atau kegiatan wisata juga menjadi daya tarik. Maka dari itu pengelola wisata akan terus didampingi sebagai upaya lebih meningkatkan daya tarik dan kunjungan wisatawan.

"Ada obsesi besar terkait atraksi budaya seperti arahan Bupati Bantul diadakan festival makanan tradisional skala nasional seperti festival mie lethek atau festival ingkung namun skala besar dan siap go internasional dengan mendatangkan pelaku kesenian atau artis nasional," tambahnya.

Terkait penataan, imbuh Kwintarto, kawasan selatan konblok Pantai Parangtritis yang selama ini digunakan pelaku usaha baik berdagang atau menyediakan jasa lain, seringkali menggangu akses jalan wisatawan. Maka pihaknya tengah mengupayakan pelaku usaha agar bisa ditata ke lokasi lain yang sudah diperuntukkan bagi pedagang maupun pelaku usaha. Termasuk area konblok yang saat ini masih digunakan sebagai tempat parkir kendaraan juga akan ditata.

Kwintarto menambahkan dari Dinas Perhubungan (Dishub) sudah menyepakati jalan konblok di wilayah Parangtritis bukan merupakan tempat parkir, tetapi jalan akses ke pantai. Jadi tidak layak dipakai untuk parkir.

"Kami tidak ada target berapa bulan akan selesai namun kami berharap sebelum Lebaran sudah selesai. Artinya tidak ada pedagang yang berjualan sembarangan tempat. Selatan konblok Pantai Parangtritis tahun ini kita bersihkan," jelasnya. (Aje)

BERITA REKOMENDASI