Pencegahan Stunting Tanggungjawab Bersama

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) DIY memperingati Hari Ibu 2021 di Kantor PWI DIY, Sabtu (11/12/2021). Dalam kegiatan tersebut IKWI menghadirkan Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak DIY yang juga Ketua Forum Perlindungan Korban Kekerasan Perempuan dan Anak DIY, Dr Sari Murti SH MHum untuk menyampaikan materi tentang upaya pemenuhan hak anak untuk mencegah stunting.

Stunting adalah kondisi dimana anak- anak lahir tumbuh tetapi pendek dan dengan kecerdasan rendah. “Sehingga secara fisik tidak memenuhi persyaratan kesehatan juga kurang kecerdasannya,” ungkap Sari Murti.

Jika sekarang banyak anak lahir stunting akan menjadi problim kedepan yang tidak cemerlang bagi keluarganya dan Indonesia. Padahal diharapkan pada tahun 2045 merupakan tahun emas bagi generasi muda bisa tampil.

Karena itu upaya mencegah terjadinya stunting merupakan tugas bersama, yakni tugas orang tua, masyarakat dan pemerintah. Orang tua harus menjaga kesehatan anak mulai dari usia 0 hingga lahir dan sampai usia 1.000 hari harus diberi asupan makan yang bergizi, sedangkan pemerintah wajib membatu kemudahan masyarakatnya memperoleh asupan makanan anak yang bergizi.

Dalam kesempatan tersebut , Dr Sari Murti menyampaikan apresiasi kepada anggota IKWI yang masih punya semangat untuk berorganisasi sebagai sarana komunikasi dan bersosial. “Ini bisa menambah imun dan memang manusia tidak bisa hidup sendiri, pasti saling memberi dan saling membantu,” paparnya.

Sementara Ketua IKWI DIY, Hj Sri Surya Widati dalam laporannya menjelaskan, anggota IKWI DIY lebih dari 60 orang, berasal dari wartawati, istri wartawan, karyawati media dan warakawuri. Tetapi sejak adanya pandemi Covid- Covid-19 kehadiran anggota dalam berbagai kegiatan menjadi berkurang. Tetapi tidak terpengaruh kegiatan IKWI.

“IKWI DIY juga punya TK yang dinamakan Bumi Warta. TK Bumi Warta merupakan satu-satunya TK milik IKWI di Indonesia,” pungkas Hj Surya Widati. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI