Pendampingan Pemprograman Komputer IoT untuk Anak

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pelatihan dan Pendampingan Pemrograman Komputer Dasar dan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Anak-anak berlangsung di Padukuhan Ngireng-Ireng, Kalurahan Panggungharjo Sewon Bantul. Kegiatan tersebut diselenggarakab Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika (PVTE) Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Heru Prasetya dan Samsu Hadi, selaku Dukuh dan Ketua RT di Kalurahan Panggungharjo saat pelaksanaan program mengatakan, pelatihan dan pendampingan pemrograman komputer dasar dan teknologi internet of things untuk anak-anak saat ini merupakan hal yang penting untuk masa depan karena segalanya sudah menggunakan elektronik, jaringan internet dan multimedia.

Febry, orangtua dari anak-anak di padukuhan itu memberikan sambutan menyambut positif pada tim PkM karena selain mengajarkan ilmu Internet of Things, tapi juga memberikan bimbingan baca-tulis Alquran sehingga pelatihan ini sangat bermakna dan bermanfaat.

“Tuntutan penguasaan teknologi informasi dan teknologi elektronika sangat dibutuhkan pada era modern. Selain teknologi, pada pelatihan kali ini para pembimbing dari UAD juga memberikan nilai-nilai berjiwa Islami sehingga dengan teknologi yang maju akan ada pembatas agar dengan teknologi itu tidak digunakan untuk kegiatan yang tidak baik,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Tim PKM Dosen PVTE-UAD, Fanani Arief Ghozali, SPd MPd menekankan, kompetensi pengetahuan dan keterampilan teknologi IoT dan nilai moral oleh anak-anak di masa depan sangat dibutuhkan. Terlebih lagi kemajuan teknologi di era 4.0 bagi anak-anak yang belum melek teknologi pada era mendatang akan mengalami kendala pada proses pembelajaran dan kesulitan mencari pekerjaan.

“Pelatihan dan Pendampingan Pemrograman Komputer Dasar dan Teknologi Internet of Things dapat memberikan manfaat pengetahuan, keterampilan, dan kreativitas untuk memanfaatkan teknologi informasi dan elektronika di masa depan. Gabungan antara teknologi dan ilmu agama sangat diperlukan agar teknologi dapat digunakan dengan hati,” ucapnya, Jumat (04/06/2021).

Pelatihan dan pendampingan menghadirkan narasumber yaitu Fanani Arief Ghozali MPd. dengan materi pelatihan Praktik pemrograman visual dasar dan multimedia untuk anak-anak. Sedangkan anggota Tim PKM Dosen PVTE UAD Pramudita Budi Astuti SPd MPd. dengan materi Praktik Antarmuka Sederhana menggunakan Arduino untuk anak-anak dan Arief Syamsuddin SPd MPd dibantu oleh Barry Nur Setyanto SPd MPd dengan materi Perakitan perangkat elektronika dasar untuk anak-anak telah dilaksanakan selama bulan April – Mei lalu.

Menurut Fanani, anak-anak sangat mudah memahami materi pada saat pelatihan selama dua bulan tersebut, baik materi pemrograman, multimedia, microcontroller, dan elektronika. Mereka sangat antusias dan sering meminta pelatihan dilaksanakan setiap hari. Anak – anak sudah menguasai bagaimana membuat program sederhana seperti kalkulator, membuat multimedia seperti konten YouTube, memprogram microcontroller arduino untuk mengatur lampu led dan motor listrik dc, serta perancangan elektronika sederhana.

Pendampingan anak-anak dibantu oleh mahasiswa PVTE UAD yaitu Hanafi Wahyu Ramndani yang membantu menjelaskan dan menanggapi pertanyaan anak-anak pada saat ada yang tidak paham. Tim PkM Dosen PVTE UAD berharap untuk anak-anak ini ke depan agar dapat terus menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diberikan oleh para narasumber. “Kami berharap dari program ini dapat memajukan desanya dan menjadi generasi penerus yang unggul untuk masa depan,” tandas Fanani. (Jay).

UAD

BERITA REKOMENDASI