Penelitian Alternatif bagi Guru Mempercepat Proses Kenaikan Pangkat  

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerjasama dengan Forum Karya Ilmiah (FKI)  DIY mengadakan kegiatan bersama bagi guru-guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul dengan memberikan pelatihan dan pendampingan tentang penelitian alternatif bagi guru di masa Pandemi Covid-19.

Ketua PKM UAD, Moh Irma Sukarelawan menyampaikan, kegiatan pengabdian bagi guru-guru di Kabupaten Bantul ini merupakan kali kedua dilaksanakan, dengan harapan guru-guru mempunyai alternatif penelitian yang dapat dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Bagi guru, penelitian dan publikasi merupakan sebagian dari syarat wajib kenaikan pangkat/golongan yang harus dipenuhi.

Pelatihan penelitian alternatif bagi guru di masa pandemi Covid-19 dilakukan oleh Tim PKM UAD yang terdiri dari Erni Gustina, SKM MPH, Suci Musvita Ayu SKM MPH dan Liena Sofiana SKM MSc dari Prodi Kesehatan Masyarakat sebagai anggota. Selain itu pengabdian ini juga melibatkan 1 mahasiswa dari Prodi Magister Fisika yaitu Abdul Muis Habid dan 1 mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat yaitu Lukyana Dinar Puspita.

Menurut Erni Gustina, kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara daring. Walaupun demikian, tidak mengurangi semangat guru-guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Mereka berharap kegiatan pelatihan dan pendampingan seperti ini tetap terus dilakukan sehingga dapat membantu guru dalam memenuhi unsur kenaikan pangkat/golongan yaitu penelitian dan publikasi hasil penelitian.

Kegiatan pengabdian ini diawali dengan berkoordinasi bersama Sriyanto MPd, sebagai Ketua Forum Karya Ilmiah DIY dan juga salah satu guru SMA di Kabupaten Bantul. “Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan wawasan baru dan alternatif penelitian yang dapat dilakukan di masa pandemi. Guru juga diharapkan mampu menghasilkan karya ilmiah yang telah siap untuk dipublikasikan sehingga guru tidak memiliki hambatan dalam kenaikan pangkat/golongan,” ujarnya, Jumat (18/06/2021).

BERITA REKOMENDASI