Pengadilan Agama Bantul Tekan Angka Perkawinan Bawah Umur

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pengadilan Agama (PA) Bantul melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) dan PT Pos (Persero) Kantor Pos Bantul dilanjutkan launching Aplikasi Paseban. Penandatanganan dilakukan langsung, Kepala PA Bantul, Drs Abd Halim Zailani, Kepala Dinas Sosial P3A Bantul Drs Didik Warsito MSi dan Kepala Pos Bantul, Toni Suhendi ST di Aula PA Bantul, Jumat (10/09/2021).

Drs Abd Halim Zailani mengemukakan, kerjasama PA Bantul dengan Dinsos P3A Bantul berupa konseling dan edukasi terhadap anak yang mengajukan perkara Dispensasi Nikah. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya mendukung program pemerintah untuk menekan angka pernikahan anak dibawah umur.

“Juga memberi informasi kepada masyarakat tentang dampak dari pernikahan dibawah umur, baik dari segi psikologis, kesehatan dan pendidikan anak sesuai amanat UU No 35 Tahun 2014, tentang Perubahan UU No 23/2002 tentang Perlindungan Anak,” jelas Kepala PA Bantul.

Sedangkan kerjasama PA Bantul dan Kantor Pos Bantul berupa inovasi layanan pengiriman Akta Cerai dan salinan Putusan Pengadilan Agama Bantul kepada masyarakat (Paseban) merupakan terobosan untuk semakin memudahkan masyarakat mengakses layanan Pengadilan Agama Bantul.

“Apalagi di situasi masih pandemi Covid-19, inovasi layanan ini juga mendukung program pemerintah mengurangi mobilitas masyarakat, karena Akta Cerai dan Salinan Putusan akan dikirim langsung oleh petugas Pos sampai rumah tujuan,” imbuh Kepala PA Bantul.

Sementara Kepala Dinsos P3A Bantul menambahkan, perjanjian kerjasama PA Bantul dengan Dinsos P3A Bantul ini diharap akan mampu menekan angka nikah dini dan anak terlantar menuju Bantul layak anak 2025.

“Data angka pernikahan bawah umur di Bantul tahun 2019 sebanyak 110, tahun 2020 naik 100 persen lebih, yakni 238 pernikahan, tahun 2021 Januari – September ada 80 pernikahan dini,” pungkas Didik Warsito. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI